Masakan Sehat – Salam jumpa dan salam sehat sahabat semua, setelah libur lebaran yang cukup panjang akhirnya saya mulai membagikan resep-resep masakan sehat untuk sahabat semua. Kali ini saya akan membagikan resep arem-arem spesial isi daging sapi untuk sahabat semua. Arem-arem adalah makanan yang terbuat dari beras atau nasi yang cukup banyak dikenal oleh masyarakat Indonesia. Makanan yang satu ini adalah salah satu kuliner asli Indonesia yang sebenarnya sederhana, namun cita rasa nya tidak sesederhana bentuknya. Konsep makanan tradisional Nusantara ini sebenarnya hampir sama dengan makanan nasi gulung khas Jepang yang dikenal dengan sebutan sushi, namun lebih sederhana lagi. Makanan ini biasa kita lihat dengan ciri khas terbungkus daun pisang dengan aroma khas yang mampu menghadirkan nafsu makan.

Arem-arem umumnya dibuat untuk bekal makanan saat bepergian jauh, dan memang menikmati arem-arem begitu nikmat saat dalam perjalanan jauh. Dengan membawa bekal arem-arem makan jadi lebih praktis, tidak terlalu mengenyangkan dan bisa dimakan di mana saja. Hal yang paling menarik jika sedang melakukan perjalanan jauh dengan berbekal arem-arem adalah selain praktis tentu saja lebih irit pengeluaran, kita tidak perlu mampir makan di restoran mahal, bisa makan sambil jalan, tapi syaratnya jangan makan sambil mengemudikan kendaraan, itu akan sangat berbahaya bagi keselamatan diri. Khusus untuk pengendara jika lapar ya harus berhenti di tempat yang aman. Nah jika dibandingkan dengan sushi yang lebih mahal, bagi saya yang lidah kampungan tetap memilih arem-arem, karena bagi saya akan lebih cocok menikmati arem-arem ketimbang makan sushi.

Arem-arem juga bisa divariasikan dengan isian yang bermacam-macam tentu saja menyesuaikan selera masing-masing. Isian arem-arem bisa menggunakan daging sapi, daging ayam, sambal goreng daging atau bisa juga yang paling murah namun nikmat adalah diisi dengan sambal goreng tempe, itu saja sudah mampu membangkitkan selera makan buat saya. Jadi untuk sahabat yang ingin membuat arem-arem saya sarankan untuk mencoba berbagai bahan isian sesuai selera masing-masing ya. Meskipun pada resep kali ini saya memilih untuk diisi dengan daging sapi, toh sahabat bisa menggantinya dengan bahan isian lain, saya tidak melarang sahabt untuk mengkreasikan resep yang ada lho.

Jaman dulu saya sempat menyebut arem-arem dengan sebutan lemper, jelas saya diketawain sama yang lain, pasalnya antara arem-arem dan lemper memang beda. Lemper umumnya dibuat dari beras ketan, sedangkan arem-arem terbuat dari beras biasa, seperti nasi pada umumnya yang siring kita makan sehari-hari. Hal ini yang membuat tekstur si arem-arem menjadi lebih rapuh, dalam bahasa Jawa orang sering mengatakan gampang ambyar hehehe, sedangkan lemper lebih lengket dan terasa lebih padat. Pokoknya kedua makanan asli Indonesia ini berbeda titik. Kalau masih ada yang menyamakan saya boleh ikutan tertawa untuk membalas masa lalu saya hehehe.

Resep Arem-arem Isi Daging Sapi Spesial

Tips yang saya berikan sebelum sahabat membuat arem-arem, sebaiknya sahabat menggunakan beras yang pulen ya, ingat yang pulen, sehingga hasilnya lebih enak dan lebih pulen dan tidak rapuh atau ambyar. Cara membuat arem-arem juga sebenarnya tidak sulit, hanya saja memang membutuhkan waktu sedikit lama, namun dengan kesabaran sahabat semua saya yakin hasilnya tidak akan mengecewakan. Arem-arem ini selain untuk bekal saat perjalanan juga cocok untuk sarapan dan juga bekal untuk sekolah anak-anak, sehingga anak-anak lebih terjaga makanannya karena kita sendiri yang membuatnya sehingga bisa tahu kualitas makanan yang dimakan oleh anak-anak kita. Baiklah tanpa berpanjang lebar lagi, segera saya akana memberikan resepnya untuk sahabat seperti pada resep di bawah ini, selamat mencoba.

Bahan :

  • 1 liter beras pulen (cuci dan tiriskan)
  • 1 1/2 liter air
  • Garam secukupnya
  • Daun pisang batu/pisang kluthuk secukupnya
  • Lidi sucukupnya (untuk menyemat bungkus)

Bahan isi :

  • 350 gram daging sapi (dicincang)
  • 250 ml santan
  • 1 ibu jari lengkuas (memarkan)
  • 3 lembar daun salam

Bumbu halus :

  • 8 butir bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 5 buah cabai merah
  • 8 butir kemiri

Cara membuatnya :

  1. Masaklah beras pulen menggunakan air dan tambahkan sedikit garam hingga beras menjadi aron atau setengah matang, lalu sisihkan.
  2. Tumis bumbu-bumbu yang sudah dihaluskan hingga harum, lalu masukkan daging sapi cincang ke dalam tumisan bumbu halus, masak hingga daging cincang berubah warna. Masukkan santan, garam, lengkuas dan daun salam. Lanjutkan memasak hingga santan meresap dan daging menjadi matang, lalu angkat.
  3. Ambil dua sendok makan beras setengah matang, taruh di atas selembar daun pisang, isi dengan daging cincang tadi, lalu bungkus hingga rapat dan sematkan lidi untuk mengunci bungkus di tiap ujungnya. Lakukan hingga bahan habis, lalu kukus hingga adonan menjadi matang, lalu angkat. Arem-arem siap dinikmati saat hangat atau dingin.

Catatan : untuk hasil yang lebih nikmat, sahabat bisa memasak beras pulen dengan tambahan santan secukupnya, ini akan memberikan nasi dengan cita rasa yang gurih.

Demikian resep arem-arem spesial isi daging sapi untuk sahabat semua. Semoga resep yang saya bagikan sesuai dengan selera sahabat semua. Resep di atas bisa dinikmati oleh 4 hingga 5 orang. Semoga berhasil dan salam sehat.

Incoming search terms:

  • Resep makanan ringan
Resep Arem-arem Isi Daging Sapi Spesial

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!