Masakan Sehat – Pernah minum bir hingga kembung atau mabuk? Sebaiknya jangan ya sahabat sehat semua, karena mengkonsumsi minuman bir meskipun alkoholnya rendah tetap tidak baik. Lebih baik minum bir yang menyehatkan yaitu bir pletok yang merupakan minuman tradisional khas Betawi. Jika sahabat sehat susah menemukan bir pletok yang menyehatkan, jangan khawatir, karena saya akan membagikan resep bir pletok khas Betawi untuk sahabat semua. Mengapa saya berani merekomendasikan minuman bir pletok untuk sahabat semua, karena bir pletok tidak mengandung alkohol sama sekali dan tidak memabukkan. Kemungkinan terbesar jika sahabat kebanyakan minum bir pletok ya perut kembung.

Bir pletok seperti kita ketahui merupakan jenis minuman segar yang menghangatkan badan. Bir pletok dibuat dari campuran berbagai rempah khas Nusantara yang biasanya berupa jahe, daun pandan dan juga serai. Sudah sejak lama minuman hangat nan segar ini dikenal oleh masyarakat betawi. Meskipun menyandang nama bir namun sekali lagi saya tegaskan bahwa bir pletok free alkohol dan justru menyehatkan badan. Efek yang segera akan dirasakan ketika habis minum bir pletok badan akan terasa hangat karena pengaruh jahe dalam minuman. Selain itu bir pletok juga berkhasiat untuk memperlancar peredaran darah dalam tubuh. Karena efek hangat yang ditimbulkan dari minuman tradisional ini, masyarakat Betawi umumnya mengkonsumsi minuman ini saat malam hari sebagai penghangan badan yang pas.

Ada banyak versi mengapa nama minuman khas Betawi ini disebut bir pletok. Berbagai catatan memberikan sejarah awal mula bir pletok. Bir pletok ini bermula sejak jaman Belanda, di mana orang Belanda suka berpesta dan biasa minum bir atau anggur, namun orang Betawi yang kental dengan adat dan budaya Timur yang kental dan juga karena mayoritas beragama Islam, maka tidak bisa minum bir yang mengandung alkohol yang bersifat memabukkan. Dari situlah masyarakat Betawi membuat minuman sendiri dengan bahan rempah-rempah asli Indonesia yang dibuat semirip mungkin dengan warna bir yang coklat kemerahan. Sedangkan kata pletok diambil dari bunyi penyumbat botol bir atau wine saat dilepas. Dari situlah muncul sebutan bir pletok untuk minuman khas Betawi ini.

Resep Bir Pletok Khas Betawi Sehat dan Hangat
Jadi kita sudah mengenal apa itu bir pletok, kapan mulai dibuat dan apa yang melatar belakangi dibuatnya minuman tersebut. Pada dasarnya cara membuat bir pletok itu sangat sederhana, baik bahan pembuatnya hingga proses pembuatannya sangat mudah. Hanya saja meskipun mudah, waktu pembuatan bir pletok membutuhkan waktu yang tidak sebentar, kebanyakan bir pletok siap diminum setelah proses pembuatan selama kurang lebih dua jam tergantung sebarapa banyak bahan yang dibuat. Jika sahabat hanya membuat dengan jumlah yang tidak banyak tentu saja waktu yang dibutuhkan juga tidak terlalu lama. Meskipun saat ini bir pletok sudah mulai menyebar ke seluruh Indonesia dalam bentuk kemasan botol, namun harganya masih jauh lebih terjangkau jika sahabat ingin membuatnya sendiri. Selain itu kebersihan dan kualitas bir yang kita buat juga bisa lebih higienis.

Bir pletok ini umumnya disajikan langsung dalam keadaan biasa atau bisa juga ditambahkan dengan es agar memberikan sentuhan adem dan segar. Sebagai minuman yang mengandung jahe, meskipun dicampur dengan es efek menghangatkan tetap saja bisa dirasakan langsung ketika saat kita meminumnya. Tentu saja efek kesehatan juga bisa kita rasakan jika kita rajin mengkonsumsi minuman tradisional ini. Untuk efek kesehatan dari bir pletok ini bisa sahabat cari dari banyak referensi yang ada. Nah untuk itu tanpa membuang banyak waktu lagi saya akan segera membagikan resep bir pletok khas Betawi pada resep di bawah ini, selamat mencoba.

Bahan :

  • 2 ibu jari jahe (pilih yang tua dan berkualitas baik)
  • 2 batang serai (geprak atau memarkan)
  • 1 liter air (untuk merebus bahan)
  • 150 gram kayu secang (cuci bersih)
  • 5 cm kayu manis
  • 150 gram gula pasir
  • Garam secukupnya
  • Es batu secukupnya

Cara membuatnya :

  1. Jahe dibakar dahulu, jika dirasa sudah cukup kupas jahe dan memarkan, lalu sisihkan dahulu.
  2. Rebus air, tambahkan jahe, serai, kayu manis, kayu secang, gula pasir dan garam hingga mendidih. Jika sudah mendidih kecilkan api dan lanjutkan memasak hingga air rebusan pekat, selanjutnya angkat dan saring.
  3. Setelah disaring biarkan bir pletok dingin, lalu sajikan biasa atau bisa juga ditambakan agar lebih segar.

Catatan :kayu secang adalah sejenis kulit kayu yang biasa dijadikan campuran minuman penghangat. Kayu secang juga berfungsi untuk memberikan warna merah alami untuk minuman bir pletok.

Demikian resep bir pletok khas Betawi yang bisa saya bagikan untuk sahabat sehat di rumah. Resep bir pletok ini sangat mudah untuk dibuat di rumah untuk berbagai keperluan. Bahan bir pletok pada resep di atas bisa disajikan untuk empat orang. Semoga resep yang saya bagikan bermanfaat untuk sahabat sehat, dan semoga dengan minuman ini keluarga sahabat sehat selalu. Semoga berhasil dan salam sehat.

Incoming search terms:

  • rempah rempah bir pletok khas betawi
Resep Bir Pletok Khas Betawi Sehat dan Hangat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!