Masakan Sehat – Brongkos atau jangan brongkos mungkin tidak asing lagi bagi masyarakat Yogyakarta. Memang dari sinilah awalnya sayur brongkos atau jangan brongkos mulai dikenal. Resep brongkos daging merupakan salah satu varian dari jangan brongkos yang paling terkenal. Namun isi dari sayur brongkos tidak melulu hanya daging saja. Ada banyak varian yang menjadikan sayur brongkos ini dikenal secara luas.

Mengenal Yogyakarta tidak boleh hanya sebatas budaya masyarakatnya saja, kita semua layak juga untuk mengenal budaya kuliner masyarakat Yogyakarta secara khusus. Salah satu dari sekian banyak makanan khas Yogyakarta yang perlu anda ketahui ya sayur brongkos itu sendiri. Ada banyak macam dari sayur brongkos yang bisa anda nikmati antara lain brongkos daging, biasanya menggunakan daging sapi. Ada juga brongkos kepala kambing, brongkos koyor dan banyak lagi jenis brongkos yang ada.

Yang kemudian menjadi unik dari brongkos khas Yogyakarta adalah bahwa brongkos yan ada di Daerah Istimewa Yogyakarta ini tidak hanya berisi daging saja, namun juga diberi tambahan sayuran dan juga kacang tolo. Banyak orang yang kemudian menyebut brongkos dari Yogyakarta ini sebagai sayur brongkos komplit. Maksudnya adalah jika ditempat lain brongkos hanya berisi daging, di Yogyakarta dilengkapi dengan jenis makanan lain seperti sayuran.

Sayur brongkos komplit ini biasanya selain daging diberi tambahan bahanan makanan lain berupa sayuran seperti misalnya kulit melinjo, biasanya juga ditambahn dengan tahu, kacang tolo. Tambahan yang ada pada sayur brongkos khas Yogyakarta ini kemudian menjadi sayur brongkos yang khas dan unik. Tambahan bahan makanan tersebut yang justru membedakan dan membuat khas brongkos khas Yogyakarta jika dibanding dengan brongkos yang ada di daerah Jawa Tengah dan sekitarnya.

Sayur brongkos komplit bisa anda nikmati jika saat anda sedang berkunjung ke Yogyakarta, ada banyak brongkos dengan cita rasa khas Yogyakarta disajikan dan mampu mengundang selera makan anda. Memang tidak banyak yang mengetahui sejak kapan sayur brongkos ini tercipta, namun ada yang mengatakan bahwa brongkos mulai dikomersialkan sejak tahun 1975. Kala itu melalui sebuah usaha kuliner dikenalkanlah tiga jenis brongkos, yaitu brongkos komplit, brongkos koyor dan juga brongos telur. Mulai sejak itu kemudian banyak orang yang mengikuti jejak dalam usaha kuliner dan menawarkan brongkos sebagai makanan yang kental akan cita rasa Yogyakarta.

Sayur brongkos umumnya disajikan secara terpisah antara brogkos dan piring nasi. Kalau soal nasinya tentu saja kita semua tau, namun apa yang kemudian menjadi ciri khas sayur brongkos khas Yogyakarta ini. Brongkos khas Yogya memiliki ciri yaitu kuah yang berwarna coklat, sedikit membedakannya dengan rawon yang berkuah hitam. Warna coklat dari kuah brongkos ini mungkin berasal dari kacang tolo.

Resep Brongkos Daging Spesial
Sayangnya bagaimana cara menikmati sayur brongkos jika jauh dari kota Yogyakarta? Tentu saja anda harus bisa membuatnya sendiri. Nah kali ini saya akan membagikan resepnya. Sayur brongkos yang akan saya bagikan kali ini juga mungkin akan sedikit memberikan perbedaan dengan kebanyakan sayur brongkos yang pernah anda nikmati. Saya akan memberikan resep brongkos daging dengan kacang tolo yang tidak menggunakan bahan penyedap rasa. Penyedap rasa bagi masakan memang sangat penting untuk menambah kuatnya rasa, namun penggunaan penyedap rasa secara trus menerus tidak baik juga untuk kesehatan. Semoga resep kali ini bisa anda nikmati dan kesehatan anda bisa tetap terjaga.

Apa saja yang harus anda siapkan dan lakukan untuk membuat sayur brongkos daging dengan kacang tolo? Berikut adalah bahan dan langkah yang bisa anda ikuti.

Bahan :

  • 200 gram daging sapi tetelan
  • 200 gram kacang tolo (rendam selama 2 jam)
  • Air untuk merebus daging dan kacang tolo secukupnya

Bumbu halus :

  • 7 siung bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 4 buah cabai merah keriting
  • 1 sendok makan ketumbar
  • 1 sendok teh terasi (yang sudah matang)
  • 1 ruas kunyit (2cm)
  • 1 sendok teh garam
  • 1 mata asam jawa
  • 2 lembar daun salam
  • 400 ml santan (dibuat dari 1/2 butir kelapa)

Cara membuat brongkos :

  1. Rebus dahulu tetelan daging sapi beserta dengan kacang tolo, rebus hingga kedua bahan tersebut empuk dan matang. Kemudian kecilkan api, angkat daging sapi tetelan dan potong-potong.
  2. Panaskan sedikit minyak di atas wajan, tumis bumbubumu yang sudah dihaluskan di atas, masukkan juga daun salam.
  3. Tumis bumbu dan daun salam tersebut hingga harum dan matang. Kemudian masukkan tumisan bumu beserta daun salam tersebut ke dalam rebusan daging dan kacang tolo tadi. Aduk hingga rata.
  4. Masukkan asam jawa, lalu masukkan juga santan. Lanjutkan memasak sambil diaduk hingga kacang pecah dan daging menjadi benar-benar mepuk, lalu angkat.

Brongkos daging dengan kacang tolo siap disajikan untuk 4 porsi makan. Selamat menikmati.

Incoming search terms:

  • memasak brongkos cita rasa tradisional khas jogja
  • brongkos kambing jogja
Resep Brongkos Daging Spesial Khas Jogja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!