Masakan Sehat – Makanan satu ini cocok untuk sarapan, juga cocok dinikmati saat senja atau malam hari, apakah nama makanan ini? Jawabannya adalah bubur ayam, ya bubur ayam memang memiliki penggemarnya sendiri di berbagai tempat. Saking banyaknya yang menyukai makanan lembut dari beras yang satu ini saya akan mencoba memberikan resep bubur ayam spesial untuk sahabat sehat di seluruh tanah air. Sebenarnya resep bubur ayam ini terinspirasi dari kata-kata tetangga yang sangat menyukai bubur ayam. Namun di daerah saya tidak ada yang menjual bubur ayam, maka saat kemarin tetangga saya ke kota dimana banyak penjual bubur ayam, kalaplah tetangga saya itu. Dia bilang dipuas-puasin makan bubur ayamnya mumpung ada. Pas sudah pulang, kebetulan masak nasi lupa memindahkan switch cook dan alhasil hasilnya mirip bubur karena seharian direndam air. Lalu saya tanya kenapa ngga sekalian dibikin bubur, tinggal bikin bumbu ama nyari ayam, jawabnya lagi males.

Nah kebanyakan orang memang begitu, bisa sih membuat sendiri di rumah, tapi banyak malesnya. Tapi kalau ada yang jual kalap, tiap hari makan bubur ayam terus. Tidak salah memang membeli bubur ayam, yang penting ada duitnya, benar kan? Tapi jika di lingkungan kita tidak ada yang jualan masa iya maksa orang suruh jualan. Nah dari situlah saya coba memberikan resep cara membuat bubur ayam ini, meskipun tetangga saya ngga mungkin membacanya secara online, karena smartphonenya tidak pernah diisi kuota internet hehehe. Ya sudah niat baik membagikan resep yang mungkin juga bermanfaat bagi orang lain yang doyan bubur ayam tidak akan berhenti sampai di sini, semoga sahabat sehat semua tidak malas untuk membuatnya di rumah. Ya siapa tau ke depan banyak yang suka dan jadi usaha untuk menambah penghasilan sahabat semua, keren kan jika begitu. Selain itu dengan membuatnya sendiri sahabat sehat bisa menilai kualitas rasa dan juga kebersihannya.

Bubur ayam yang kita kenal selama ini merupakan salah satu bubur khas Indonesia. Bubur yang terbuat dari beras ini sudah menjadi makanan sehari-hari khususnya bagi mereka yang jarang sarapan pagi di rumah. Tidak sedikit orang yang bekerja menikmati sarapan bubur ayam yang hangat sebelum menjalankan pekerjaannya. Dan memang banyak sekali yang suka akan nikmatnya bubur ayam ini. Bubur ayam ini biasanya disajikan hangat dengan campuran suwiran daging ayam, kalau daging sapi jadi bubur sapi. Bukan itu saja bubur nasi ini juga sudah memiliki rasa meskipun tidak kuat namun memberikan kesan gurih dan nikmat. Bubur ayam ini juga akan lebih nikmat karena dicampur dengan kaldu aya dan beberapa bumbu tambahan seperti kecap asin, kecap manis, merica, garam. Ketika disajikan bubur biasanya dilengkapi dengan taburan bawang goreng, seledri cincang, kedelai goreng, kerupuk dan juga cakwe, jika suka yang pedas bisa menambahkan sambal atau cabai. Dengan penyajian yang sederhana saja bubur ayam bisa menjadi makanan yang banyak penggemarnya apalagi di tambah pelengkap yang lain.

Resep Bubur Ayam Spesial Khas Nusantara

Karena sakin banyaknya orang yang menyukai bubur ayam, maka tak heran jika sekarang banyak pedagang yang mengkreasikan bubur ayam versi mereka sendiri, selain agar semakin lengkap dan nikmat, penyajian dari masing-masing daerah juga memiliki ciri khas yang unik. Misalnya bubur ayam yang berasal dari Sukabumi, mereka biasanya menambahkan telur ayam kampung mentah yang ditimbun ke dalam bubur panas hingga menjadi setengah matang ini cukup unik menurut saya. Sedangkan ciri khas bubur ayam yang berasal dari Tegal juga memiliki kuah dengan bumbu kuning yang unik, bumbu kuning untuk campuran bubur ini dibuat sebagai ciri khas masakan Tegal. Sedangkan beberapa yang sudah umum juga para penjual bubur ayam biasanya juga menambahkan sate usus, hati dan ampela, dan ada juga yang menambahkan sate telur puyuh. Semua ditawarkan menurut selera masing-masing. Jadi sekarang sahabat bisa memilih bubur mana yang lebih sesuai selera.

Makanan jenis bubur ayam ini konon adalah jenis makanan percampuran antara masakan Tionghoa dan masakan khas Nusantara. Jadi sudah bisa disebut sebagai makanan tradisional karena lebih kental dengan bumbu khas Indonesia. Baiklah daripada berpanjang lebar yang akhirnya bisa menjadi luas segera saja saya akan membagikan resep bubur ayam spesial yang bisa sahabat lihat pada resep di bawah ini. Selamat mencoba.

Bahan :

  • 2 sendok makan minyak (untuk menumis)
  • 3 cm jahe (memarkan)’
  • 1/2 ekor ayam
  • 2,5 liter air
  • 2 sendok teh garam
  • 1 sendok teh bubuk merica
  • 150 gram beras

Bumbu halus :

  • 6 siung bawang putih
  • 3 cm kunyit
  • 1/4 sendok teh garam

Pelengkap penyajian :

  • 4 buah cakwe (potong-potong)
  • 2 batang daun bawang (rajang halus)
  • 2 tangkai seledri (rajang halus)
  • kedelai goreng (secukupnya)
  • Bawang goreng (secukupnya)
  • Kerupuk sagu (secukupnya)

Cara membuatnya :

  1. Tumis bumbu yang sudah dihaluskan bersama jahe hingga harum, lalu masukkan ayam hingga berubah warnanya. Kemudian tuangkan air , dan masukkan garam serta merica bubuk, selanjutnya masak hingga matang, lalu angkat ayam tersebut dan tiriskan.
  2. Sisihkan sebagian air kaldu tadi, lalu didihkan kembali kaldu tersebut. Masukkan beras ke dalam air kaldu, lalu masak hingga menjadi bubur, lalu angkat.
  3. Goreng ayam yang sudah dimasak sebelumnya hingga agak kering, lalu angkat. Selanjutnya suwir-suwis daging ayam tersebut.
  4. Penyajian : siapkan mangkuk saji, tuangkan bubur nasi yang sudah jadi, taburkan suwiran ayam di atas bubur, lalu beri bahan-bahan pelengkap penyajian, bubur ayam siap disantap.

Demikian resep bubur ayam spesial yang bisa saya bagikan kali ini. Semua jenis bubur ayam proses pembuatannya sama, hanya bahan pelengkapnya saja yang membuat beda, jika ingin menambah sedikit kaldu ayam sahabat bisa membuatnya sendiri beserta agar lebih sesuai dengan selera. Bahan di atas bisa disajikan untuk 4 hingga 6 porsi bubur. Semoga berhasil dan salam sehat.

Resep Bubur Ayam Spesial Khas Nusantara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!