Masakan Sehat – Bagi sebagian besar masyarakat kita tentu sudah mengenal bubur sebagai salah satu makanan khas yang sangat merakyat, dan kali ini saya akan membagikan resep bubur beras merah putih. Bubur ini memang tidak terlalu tenar seperti hal nya bubur ayam, bubur lemu/bubu sumsum dan beberapa jenis bubur lain yang begitu terkenal layaknya bubur tinutuan. Bubur ini kebanyakan lebih dikenal oleh masyarakat di pulau Jawa. Bubur beras merah putih identik dengan ritual sakral bagi sebagian besar masyarakat Jawa sejak jaman dahulu. Kebanyakan bubur merah putih ini digunakan untuk tradisi budaya trdisional, sebagai bahan makanan untuk sesaji, sebagai bahan untuk pelengkap acara selamatan seperti misalnya selamatan kelahiran anak dan banyak lagi kegunaan dari bubur merah putih yang bisa sahabat cari sendiri.

Untuk berbagai acara selamatan bubur merah putih tidak hanya hadir sendiri, namun biasanya juga dikelilingi oleh makanan lain yang juga khas sebagai makanan tradisional. Umumnya makanan pendamping dari bubur merah putih juga berupa makanan atau jajanan tradisional. Namun pada artikel berikut saya hanya akan membagikan tentang bubur merah putih.Sebagai sarana untuk upacara tradisional masyarakat Jawa saya rasa tidak kebetulan jika bubur yang satu ini memiliki warna yang sama dengan warna bendera negara Indonesia yang berwarna merah putih. Untuk kepercayaan Jawa Kuno, ada kepercayaan bahwa bubur merah putih ini melambangkan sesuatu yang cukup sakral, misalanya untuk selamatan bayi yang baru lahir, warna merah melambangkan darah merah untuk ibu, dan warna putih untuk darah putih atau ayah.

Bubur merah putih dalam tradisi Jawa juga sekaligus melambangkan kesederhanaan, atau bisa diartikan sebagai hidup itu janganlah terlalu neko-neko atau aneh-aneh, hidup lah dengan sederhana. Sama hal nya dengan cara membuat bubur merah putih yang begitu sederhana, semua bahan tersedia disekitar kita, bahkan merupakan bahan yang tersedia di dapur dan merupakan bahan-bahan pokok. Makanan yang satu ini memang bukan hanya sekedar makanan yang nikmat, namun juga memberikan pesan spiritualitas yang begitu luar biasa. Meskipun akhir-akhir ini banyak orang telah meninggalkan tradisi selamatan weton untuk anak yang baru lahir namun ada yang masih melestarikan budaya ini. Saya ingat waktu masih kecil nenek masih sering melakukan hal tersebut, demikian juga dengan ibu yang sering membuatkan bubur merah putih untuk selamatan adik saya. Untuk melihat jenis bubur tradisional yang lain sahabat bisa lihat resep bubur sumsum sederhana yang sudah saya bagikan sebelumnya.

Resep Bubur Beras Merah Putih Khas Jawa

Nah untuk sahabat sehat yang mungkin belum tahu atau tidak mau tahu dengan pesan apa yang terkandung dalam pembuatan bubur merah putih tidak masalah, saya juga bukan seorang yang tahu banyak mengenai tradisi tersebut, namun saya menghormati dan menghargai sebagai orang Jawa yang juga pernah melihat tradisi tersebut di sekitar saya. Untuk lebih tahu tentang tradisi tersebut sahabat bisa mencari sendiri literaturnya. Dan untuk sahabat yang ingin membuat bubur merah putih baik untuk melestarikan budaya tersebut atau hanya ingin sekedar mengenang masa kecil bisa melihat dan mengikuti resep bubur beras merah putih yang akan saya bagikan berikut ini.

Bahan bubur merah :

  • 200 gram beras (cuci bersih)
  • 1 1/2 liter air
  • 300 gram gula merah (sisir halus)
  • 2 lembar daun pandan (buat simpul)

Bahan bubur putih :

  • 200 gram beras (cuci bersih)
  • 1 1/2 liter air
  • 1 1/2 sendok teh garam
  • 2 lembar daun pandan (buat simpul)

Cara membuatnya :

  1. Campurkan masing-masing bahan untuk membuat bubur ke dalam panci yang berbeda, lalu masak hingga beras menjadi bubur sambil sesekali diaduk agar semua bahan tercampur rata. Jika dirasa sudah cukup segera angkat.
  2. Bubur yang telah jadi siap disajikan dalam piring terpisah atau bisa juga dijadikan satu piring untuk dua warna sekaligus.

Demikian resep bubur beras merah putih yang bisa saya sajikan untuk sahabat sehat semua. Sangat sederhana baik bahan maupun cara membuatnya, mampu menggambarkan bahwa tradisi Jawa kuno yang penuh kesederhanaan tetap bisa memberikan nilai dan pesan yang begitu besar kepada masyarakat Indonesia yang modern seperti sekarang. Jadi untuk sahabat semua tetaplah sederhana, itu pesan saya. Semua bahan yang saya bagikan dalam resep di atas bisa disajikan untuk empat porsi bubur merah putih. Selamat mencoba dan salam sehat.

Incoming search terms:

  • bubur dari pulau jawa
  • masakan has nusantara yang sehat
  • resep bubur merah putih
Resep Bubur Beras Merah Putih Khas Jawa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!