Masakan Sehat – Sahabat semua pasti pernah menikmati atau paling tidak mengetahui makanan lezat yang satu ini yaitu bubur sumsum atau di daerah Jawa Barat disebut bubur lemu. Berhubung sedang dalam suasana bulan Ramadhan, tidak salah kiranya jika saya memberikan resep bubur sumsum sederhana untuk sahabat semua. Bubur sumsum memang sederhana, namun nikmatnya tidak sesederhana cita rasa dan cara membuatnya. Bubur sumsum yang memiliki tekstur lembut dan ditambah dengan manisnya saus gula merah sangat cocok disajikan pada saat berbuka puasa.

Bubur sumsum seperti sudah saya sebutkan di atas memiliki sebutan lain yang unik untuk daerah Jawa Barat dan Jawa Tengah dengan menyebut bubur sumsum dengan bubur lemu. Entah apa yang mendasari nama makanan ini menjadi unik, karena dalam bahasa Jawa, lemu memiliki arti gemuk atau gendut. Memang jika terlalu banyak makan yang mengandung karbohidrat tubuh bisa menjadi gemuk atau lemu. Tapi ya sudahlah, apa arti sebuah nama, yang penting adalah rasa dan yang paling penting jangan sampai puasa batal karena tergoda si bubur sumsum atau buur lemu tersebut.

Disamping memiliki nama sebutan yang unik, bubur sumsum ini juga memiliki penggemar yang tidak sedikit, bahkan sayapun kadang ga tahan lihat tampilan sederhananya. Serasa pengen main sikat aja. Dulu sewaktu masih kecil, Mbah sering bikin bubur sumsum ini, tapi sekarang hampir sangat jarang menikmati lembut dan manisnya bubur sumsum. Memang bubur sumsum memiliki tampilan yang sangat biasa, warna putih tepung beras, dan kadang ada yang hijau karena diberi warna alami daun pandan. Semua memiliki rasa yang nikmat, hanya saja dengan diberi pandan memberikan aroma khas yang memberi cita rasa lebih nikmat jika dibanding dengan yang orisinil. Jadi ada pilihan lain untuk sahabat untuk memilih, lebih suka yang ori atau yang menggunakan pandan.

Resep Bubur Sumsum Sederhana

Untuk membuat bubur sumsum yang nikmat dan lezat, terutama untuk menu berbuka puasa tidaklah sulit, justru cenderung sangat mudah. Bahan-bahan untuk membuatnya tidak perlu harus beli di supermarket, di warung sebelah rumah saja pasti ada tepung beras, atau kalau banyak waktu luang sahabat bisa menumbuk sendiri beras untuk membuat tepung, tapi alternatif teralhir sepertinya sudah tidak berlaku lagi ya sekarang, karena kita bisa dengan mudah mendapatkan tepung beras yang sudah jadi dengan harga murah, ngapain mesti susah-susah menumbuk, niatnya mau bikin menu buka puasa malah kelarnya mejelang sahur. Nah itu bahan utamanya, dan bahan-bahan lain hanya garam, gula, kelapa dan air, jadi deh bubur sumsum yang lezat menggugah selera.

Ada yang masih bingung? Mengapa harus bingung, kan sudah dijelaskan sebelumnya bahwa membuat bubur sumsum itu sangat mudah dan sangat sederhana, mungkin sahabat semua malas membuatnya karena sedang puasa. Ya sudah tidak usah khawatir karena resep bubur lemu atau bubur sumsum ini bisa dicoba kapan saja sahabat mau. Pada dasarnya bubur ini bisa dinikmati kapan saja karena bukan merupakan makanan khas untuk bulan Ramadhan saja. Bubur ini bisa ditemukan kapan saja tanpa harus menunggu setahun sekali. Namun memang kebanyakan bayak yang menjualnya saat bulan puasa, karena memang baik untuk berbuka karena teksturnya yang lembut dan juga manis dari saus gula merahnya mampu membangkitkan semangat setelah seharian berpuasa.

Sekarang tinggal bagaimana maunya sahabat sehat, ingin membuat sendiri atau membeli saja. Saran saya memang lebih baik membuatnya sendiri sehingga kita tau kualitas dari makanan tersebut. Lebih jauh lagi jika sahabat memiliki jiwa bisnis yang tinggi bisa kan menjualnya selama bulan puasa, sehingga lebaran nanti bisa punya dana lebih untuk keperluan hari raya, menarik bukan? Baiklah daripada terus bicara sekarang sudah saatnya saya membagikan resep bubur sumsum sederhana nikmat dan lezat untuk sahabat semua. Untuk itu segera saja lihat resepnya di bawah ini, selamat mencoba sahabat sehat.

Bahan :

  • 100 gr Tepung beras
  • 3 lbr daun pandan (buat simpul)
  • 650 santan kental (dar 1 butir kelapa tua)
  • 1/2 sdt garam

Bahan saus gula :

  • 100 ml air
  • 200 gr gula merah (sisir halus)
  • 2 lbr daun pandan (buat simpul)

Cara membuatnya :

  1. Pisahkan santan ke dalam dua mangkuk/wadah yang berbeda, kemudian panaskan santan pada wadah pertama dengan campuran daun pandan yang sudah disiapkan sebelumnya memakai api kecil saja sambil diaduk terus, lakukan jangan sampai santan pecah.
  2. Campurkan santan pada wadah kedua dengan tepung beras dan garam, aduk campuran bahan tersebut hingga tercampur rata. Selanjutnya tuangkan campuran tepung tadi ke dalam campuran santan yang sedang dipanaskan. Aduk-aduk terus campuran tersebut hingga tepung beras mengental menjadi bubur. Jika serasa sudah cukup segera angkat bubur tersebut dan biarkan hingga dingin.
  3. Membuat saus gula : campurkan air dengan gula merah serta daun pandan lalu aduk hingga merata. Selanjutnya rebus campuran gula menggunakan api sedang hingga sedikit mengental, jika sudah cukup segera angkat dan biarkan hingga dingin.
  4. Cara Penyajian : ambil beberapa sendok bubur ke dalam piring atau mangkuk saji, lalu tuangkan saus gula merah di atas bubur sumsum.

Demikian resep bubur sumsum sederhana yang bisa saya berikan untuk sahabat semua. Terbukti cara membuat bubur sumsum memang sangat sederhana namun memberikan cita rasa yang luar biasa. Tunggu apalagi silahkan sahabat mencoba sekarang juga. Semoga berhasil dan salam sehat.

Resep Bubur Sumsum Sederhana Lezat dan Nikmat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!