Masakan Sehat – Bulan puasa hampir tiba, sudah siap dengan menu sahur atau menu buka puasa? Jika belum bagaimana jika membuat resep es pisang ijo khas Makassar. Pastinya pada setuju ya, karena minuman sekaligus makanan ini sangat cocok untuk menu berbuka puasa. Saya bingung ini jenis makanan atau minuman ya? Es jelas minuman sedangkan pisang ijo adalah makanan. Kebetulan beberapa tahun belakangan es pisang ijo sedang ramai dibicarakan, jadi apa salahnya menyiapkan minuman segar untuk siang hari yang panas atau untuk menu buka puasa.

Sebelum lebih jauh kita membahas tentang es pisang ijo ada baiknya kita mengenal apa dan dari mana es pisang ijo itu berasal. Kita mulai saja dari pisang ijo itu sendiri, pisang ijo di sini bukanlah pisang berwarna hijau atau pisang mentah yang ada kulitnya. Pisang ijo sendiri bahan dasarnya adalah pisang raja yang sudah matang dan sudah dikupas, bukan beserta kulitnya yang masih hijau. Sebutan pisang hijau di dapat dari lapisan luar dari tepung yang diberi warna hijau pandan. Dari situ kemudian banyak orang mengenalnya sebagai pisang hijau.

Selanjutnya adalah dari mana asal es pisang hijau ini, hayo siapa yang tahu? Kalau tidak tau yang saya kasih tahu. Pisang ijo itu merupakan makanan atau minuman khas dari Sulawesi Selatan atau tepatnya dari kota Makassar. Seperti telah disebutkan di atas makanan atau minuman ini sudah sangat dikenal, tidak saja hanya di Makassar, namun sudah mulai dikenal masyarakat luas di Indonesia. Di kota-kota besar minuman khas Makassar ini sudah banyak yang menjualnya. Banyak yang lebih suka membeli karena harganya juga sangat murah untuk satu porsinya sekitar 5000 hingga 10000 saja.

Minuman ini sangat cocok disajikan saat matahari sedang terik-teriknya, dan siapapun tidak akan mampu menolak jika disuguhi minuman khas tersebut, apalagi jika dikasihnya gratis alias tidak perlu bayar, saya juga mau dikasih yang seger-seger mana kuat nolaknya. Selain itu minuman segar ini juga cocok sebagai menu berbuka puasa, meskipun ada anjuran untuk berbuka puasa sebaiknya menghindari minuman dingin agar perut tidak kembung atau bisa juga menjadi sakit perut. Namun bagi yang tubuhnya sehat dan fit tidak akan tergangggu sistem pencernaannya.

Resep Es Pisang Ijo Spesial Khas Makassar
Untuk membuat es pisang ijo sendiri sebenarnya sangat mudah, ngumpulin niatnya yang susah. Untuk mendapatkan bahan pisang raja di pasar tradisional banyak, bahan-bahan yang lain seperti tepung beras juga banyak di warung-warung sebelah rumah misalnya, sekali lagi untuk membuat es pisang ijo yang sesuai dengan selera atau sesuai dengan aslinya tidak butuh keahlian khusus, tapi butuh niat membara. Jika Anda tidk tau bagaimana membuatnya saya akan berikan resepnya, baik banget kan saya.

Nah mumpung bulan puasa belum tiba, bagi Anda yang ingin mencoba membuat resep yang pas, mulailah membuatnya dari sekarang, kalau sudah waktu puasa kan tidak boleh mencicipi. Apalagi yang mau berjualan es pisang ijo, buat resepnya yang benar-benar pas dari sekarang, sehingga pas waktu nanti berjualan untuk berbuka puasa banyak yang suka. Dan untuk yang ingin tau resepnya berikut adalah resep es pisang ijo khas Makassar untuk Anda semua. Resep ini bisa dijadikan referensi, soal rasa masing-masing orang berbeda seleranya, silahkan Anda sesuaikan yang ada agar pas untuk selera Anda. Selamat mencoba.

Bahan :

  • 4 buah pisang raja yang sudah tua (dikukus)
  • 10 lembar daun suji
  • 10 lembar daun pandan
  • 350 gram tepung beras
  • 400 ml santan (sedang)
  • 50 gram gula pasir
  • 1/2 sendok teh garam halus
  • Daun pisang/aluminium foil secukupnya
  • Miyak goreng secukupnya (untuk olesan)
  • Es batu secukupnya (diserut)
  • Sirup cocopandan secukupnya

Bahan saus :

  • 1000 ml santan cair
  • 60 gram tepung beras
  • 100 gram gula pasir
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1 lembar daun pandan (dipotong-potong)

Cara membuatnya :

  1. Tumbuk dulu daun suji dan daun pandan, kemudian berilah sedikit air lalu diperas dan disaring. Campurkan saringan air tersebut dengan tepung beras, gula, garam dan santan. Masak bahan campuran tersebut dengan menggunakan api kecil sambil diaduk hingga mengental dan matang, lalu angat dan dinginkan.
  2. Ambil selembar daun pisang atau bisa gunakan aluminium foil. Olesi dengan minyak goreng secukupnya. Taruh beberapa sendok adonan tepung , lalu pipihkan. Letakkan pisang raja di atas adonan, lalu gulung adonan tersebut hingga menutup pisang, lalu bungkus seperti membungkus lontong. Kukus hingga matang, angkat dan dinginkan.
  3. Membuat saus :campurkan semua bahan untuk membuat saus, aduk hingga semua bahan tercampur rata, lalu masak sambl diaduk hingga mengental, kemudian angkat dan dinginkan.
  4. Penyajian : potong-potong pisang ijo yang sudah dikukus, sajikan dengan saus santan dan sirup cocopandan dan es batu serut.

Es pisang hijau sudah selesai kami buat resepnya, tunggu apalagi silahkan anda coba sendiri di rumah, semoga berhasil.

Resep Es Pisang Ijo Spesial Khas Makassar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!