Masakan Sehat – Bulan puasa sudah tiba, semua orang berlomba untuk beribadah dengan menahan lapar dan dahaga dan tentu saja berlomba berbuat hal yang baik. Bicara soal puasa saya jadi ingat resep gemblong kicak yang merupakan makanan khas asal Yogyakarta yang sangat terkenal. Namun meskipun terkenal kuliner khas Ramadhan ini sangat sulit ditemukan. Memang keberadaan gemblong kicak ini tidak mudah ditemukan kecuali saat bulan Ramadhan, mungkin sudah melekat di masyarakat Yogyakarta bahwa makanan khas ini hanya ada saat bulan puasa saja.

Dengan resep yang saya berikan kali ini akan mengubah kenyataan di atas, artinya sahabat bisa membuat gemblong kicak kapan saja tanpa harus menunggu bulan puasa. Lagian siapa mau nungguin setahun untuk menikmati makanan nan nikmat ini. Cara membuat gemblong kicak tidak sulit koq dan saya yakin sahabat semua pasti bisa membuatnya, karena bahan-bahan yang digunakan sangat mudah di dapatkan, harganya murah namun hasilnya sangat nikmat, eitss.. jangan sampai ketagihan ya.

Sejatinya apa sih gemblng kicak itu, mengapa makanan sederhana seperti itu bisa menjadi sangat terkenal, bahkan menjadi makanan khas masyarakat Yogyakarta untuk berbuka puasa di bulan Ramadhan. Gemblong kicak sejatinya adalah makanan yang terbuat dari beras ketan yang nantinya akan dibuat mirip dengan jadah. Memang beberapa daerah menyebut makanan seperti ini dengan sebuatn gemblong, ada juga yang menyebutnya jadah. Hampir sama atau mungkin sama, hanya saja cara penyajian gemblong kicak berbeda dengan jadah. Perbedaannya adalah gemblong kicak ini disajikan dengan campuran saus gula merah.

Sahabat yang saat ini tinggal di Yogyakarta saya yakin belum tentu sudah pernah menikmati makanan nikmat ini, hayooo ngaku deh. Karena memang sulit untuk mencarinya dihari-hari biasa selain di bulan Ramadhan. Nah dengan reseo yang akan saya berikan kali ini semoga sahabat semua bisa menikmati makanan khas bulan Ramadhan ini setiap saat, kapanpun sahabat mau. Lagian masa mau nunggu bulan puasa duu, dan harus pergi ke Yogya hanya untuk makan gemblong kicak, kalau kebetulan di sana sih ngga masalah, kalau jauh mana sempat.

Resep Gemblong Kicak Khas Yogyakarta

Makananyang satu ini tidak hanya menawarkan kenikmatan yang luar biasa lho, di samping itu gemblong kicak memiliki sejarah yang cukup panjang, memang tidak ada sejarah gemblong kicak yang pasti, namun gemblong kicak sendiri sudah ada sejak 1950-an. Kala itu pembuatnya yang bernama Mbah Wono membuat makanan dari beras ketan yang kemudian diolah dan timbuk halus menjadi gemblong atau jadah. Lalu mengapa kemudian dikenal dengan nama gemblong kicak? Kala itu salah satu pembeli mungkin dari daerah lain menyebut namanya sebagai kicak, kicak sebenarnya sama saja dengan gemblong atau jadah. Sejak saat itu nama gemblong atau kicak atau disebut keduanya menjadi terkenal. Mengenai mengapa jadi makanan khas bulan Ramadhan karena menurut penjualnya waktu itu di hari biasa tidak laku atau kurang laris.

Itulah sekelumit sejarah gemblong kicak yang terkenal sebagai menu berbuka puasa di bulan Ramadhan. Makanan ini hanya ada di sore hari menjelang waktu berbuka di daerah Kauman Yogyakarta. Selanjutnya, bagaimana cara membuat gemblong kicak agar mendapatkan hasil yang nikmat, jangan khawatir saya akan bagikan resepnya untuk sahabat sehat semua. Untuk itu segera saja kita simak resep gemblong kicak khas Yogyakarta seperti pada resep di bawah ini, selamat mencoba.

Bahan :

  • 500 gram beras ketan (rendam 2 jam, tiriskan)
  • 1/2 butir kelapa (diparut kasar)
  • 250 ml air
  • 1 sendok teh garam
  • 3 lembar daun pandan
  • Daun pisang untuk alas (secukupnya)

Bahan saus gula/juruh :

  • 500 ml santan (dari 1 butir kelapa)
  • 1/2 sendok teh garam
  • 5 sendok makan gula merah (disisir)
  • 1 sendok makan tepung beras
  • 8 buah nangka (dipotong dadu)

Cara membuatnya :

  1. Campurkan beras ketan bersama dengan parutan kelapa, aduk-aduk hingga tercampur rata, lalu kukus dalam waktu kira-kira 25 menit dan angkat.
  2. Masak air, tambahkan garam dan daun pandan hingga mendidih, lalu masukkan beras ketan yang sudah dikukus tadi, aduk-aduk hingga air meresap habis. Angkat dan kukus lagi hingga matang.
    Siapkan loyang yang lebar, lalu beri alas daun pisang dan olesi permukaannya dengan minyak secukupnya.
  3. Tumbuk ketan yang sebelumnya sudah dikukus tersebut hingga halus, lalu masukkan ke dalam loyang yang sudah disiapkan, lalu padatkan. Jika sudah keluarkan gemblong dari loang lalu potong gemblong tersebut sesuai selera.
  4. Membuat saus gula : rebus santan kental bersama irisan gula merah, dan tepung beras hingga mendidih, kemudian masukkan potongan nangka, aduk hingga rata dan angkat jika dirasa cukup.
  5. Sajikan potongan gemblong kicak bersama dengan saus gula yang sudah dibuat sebelumnya.

Demikian tadi resep cara membuat gemblong kicak khas Yogyakarta, semoga resep ini membantu sahabat semua untuk menyiapkan menu berbuka puasa untuk keluarga. Dengan bahan yang saya sediakan pada resep di atas, sahabat bisa membuat gemblong kicak untuk sepuluh porsi. Semoga berhasil dan salam sehat.

Resep Gemblong Kicak Sederhana Khas Yogyakarta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!