Menjelang bulan puasa pasti banyak yang sudah mempersiapkan diri untuk bisa menjalahkan ibadah puasa agar lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya. Tak bisa dipungkiri juga bahwa bulan Ramadhan identik dengan menu makanan buka puasa. Resep kolak biji salak ubi ungu mungkin jadi salah satu yang banyak di cari untuk dibuat menjelang saat berbuka puasa. Seperti tahun yang sudah-sudah kolak adalah salah satu yang banyak di cari saat menjelang waktu berbuka.

Jika Anda menjalani puasa yang patut diperhatikan adalah badan yang kuat, segar bugar dan fit. Ini agak susah pada hari-hari pertama dan sebenarnya sangat penting agar ibadah puasa berjalan dengan khusuk. Untuk bisa menjaga ketahanan tubuh yang patut diperhatikan adalah menjaga pola makan yang sehat. Pola makan yang sehat bukan berarti banyak makan agar kuat berpuasa, itu salah dan tidak dianjurkan. Yang baik adalah membiasakan pola makan yang sesuai porsi dan mengandung unsur gizi yang lengkap.

Beberapa anjuran sudah sering kita dengar yaitu berbukalah dengan yang manis, dan itu benar. Jika selama seharian Anda berpuasa sangat baik untuk mengkonsumsi makanan yang lembut dan manis. Salah satu yang pas untuk memenuhi anjuran ini adalah mengkonsumsi kolak, salah satunya kolak biji salak yang akan kami bagikan resepnya nanti. Mengapa demikian karena selama seharian berpuasa tanpa makan dan minum tubuh seseorang akan kehilangan banyak energi dan nutrisi yang membuat tubuh menjadi lemah, dengan mengkonsumsi makanan lembut dan menagndung gula akan mengembalikan energi tubuh.

Selain kandungan gula yang bisa membuat tubuh menjadi fit kembali, makanan yang lembut juga baik karena akan mudah dicerna oleh lambung. Bayangkan jika Anda berpuasa seharian, kemudia saat berbuka langsung mengkonsumsi makanan berat, perut akan sakit dan tidak nyaman, isa menyebabkan kembung atau diare. Nah untuk itu sebaiknya Anda membuat atau membeli makanan sejenis kolak yang mengandung makanan juga minuman sekaligus.

Resep Kolak Biji Salak Ubi Ungu Spesial
Kembali ke kolak biji salak yang akan kita buat resepnya pada kesempatan kali ini. Mengapa dinamakan kolak biji salak? Apakah terbuat dari biji salak yang keras itu? Tentu saja tidak demikian, lagian kalau dibuat dari biji salak beneran, bagaimana memasaknya? Sekalian saja akan kami jelaskan, meskipun makanan ini sudah tidak asing lagi bagi masyarakan di tanah air, namun mungkin ada yang menyebutnya dengan nama yang berbeda. Kolak biji salak sebenarnya adalah makanan yang dibuat dari ubi jalar yang ditambah dengan tepung kanji. Kemudian dibentuk bulat-bulat sebebsar biji salak, dari kemiripan bentuk ini kemudian dinamakanlah kolak biji salak.

Mengenai asal usul biji salak sebenarnya tidak ada literatur yang menerangkan awal dari kolak biji salak ini. Namun makanan ini sudah dikenal hampir diseluruh pelosok tanah air. Namun diduga kolak ini muncul bersamaan dengan penyebaran agama Islam di pulau Jawa. Pada waktu itu kolak pisang kepok sering disajikan saat bulan puasa da berlanjut hingga sekarang. Namun itu semua hanya dugaan dan belum bisa dipastikan kebenarannya. Namun yang pasti kolak ini sudah dikenal sejak jaman dulu di Indonesia, dan kini sudah menjadi makanan nasional.

Meskipun makanan sekaligus minuman kolak ini sangat sederhana nyatanya banyak sekali penggemarnya. Tidak hana menjadi buruan banyak orang yang berpuasa saat menjelang berbuka, tetapi sudah menjadi makanan yang sangat digemari oleh banyak orang di luar bulan Ramadhan. Namun tidak bisa dipungkiri kolak jenis apapun memang selalu menjadi makanan wajib saat berbuka puasa.

Nah bagi Anda yang belum pernah membuat kolak biji salak pasti bingung kan apa saja yang harus dipersiapkan dan bagaimana cara membuatnya. Gampang koq tidak perlu keahlian memasak untuk bisa membuat kolak biji salak yang nikmat dan sedap sekaligus menyegarkan. Bahan-bahan yang diperlukan bisa dengan mudah dibeli dipasar tradisional dan harganya juga tidak mahal, sehingga siapapun pasti bisa membuatnya. Tidak hanya Ibu rumah tangga, Bapak rumah tanggapun pasti bisa. Salah satu kunci untuk menciptakan makanan yang nikmat adalah niat, itu saja. Sebab sepintar apapun Anda memasak kalau tidak niat membuatnya pasti tidak akan jadi.

Baiklah, untuk mempersingkat waktu sudah saatnya kami memberikan resep yang bisa Anda coba di rumah. Segera siapkan bahan-bahan yang ada pada resep di bawah, lalu mulailah memasaknya. Untuk itu segera saja lihat resep kolak biji salak ubi ungu yang kami bagikan berikut ini.

Bahan Utama :

  • 1/2 kg ubi jalar ungu (kupas dan bersihkan)
  • 100 gram tepung kanji
  • 1/2 sendok teh garam

Saus Gula :

  • 1/2 liter air matang
  • 200 gram gula merah
  • 1 sendok makan gula pasir (sesuai selera)
  • 2 lembar daun pandan
  • Larutan tepung sagu (secukupnya)

Santan :

  • 1 butir kelapa (diparut)
  • 250 ml air matang
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1 lembar daun pandan

Cara membuatnya :

  1. Kukus ketela rambat atau ubi jalar hingga matang, lalu dihaluskan. Tambahkan tepung kanji dan beri garam. Aduk-aduk campuran bahan tersebut hingga rata.
  2. Ambil satu sendok adonan, lalu buatlah bentuk bulat-bulat sebesar biji salak atau sesuai selera, lakukan hingga adonan habis.
  3. Masak air hingga mendidih, lalu masukkan adonan yang sudah dibentuk tadi, tunggu sebentar hingga biji salak mengapung, segera angkat dan tiriskan.
  4. Membuat saus gula : campurkan semua bahan untuk membuat saus gula, lalu rebus bahan tersebut hingga mendidih, beri larutan tepung sagu dan masak hingga saus mengental. Masukkan biji salak tadi dan lanjutkan memasak sebentar, matikan api.
  5. Membuat santan : Campurkan semua bahan untuk membuat santan, rebus bahan tersebut hingga mendidih sambil diasuk, lalu segera angkat.
  6. Penyajian : Siapkan mangkuk, masukkan biji salak dan siram dengan santan.

Demikian resep kolak biji salak untuk Anda. Semoga resep ini membantu Anda yang ingin menyajikan kolak biji salak untuk menu berbuka puasa atau acara yang lainnya.

Incoming search terms:

  • resep kolak biji salak spesial
Resep Kolak Biji Salak Ubi Ungu Spesial

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!