Masakan Sehat – Beberapa waktu yang lalu saya melihat tayangan di salah satu stasiun televisi swasta yang membahas tentang kue dongkal. Pengen membagikan resep kue dongkal khas Jawa Barat untuk sahabat sehat semua, namun baru hari ini bisa terlaksana. Koe dongkal ini adalah makanan tradisional atau kue tradisonal Nusantara yang masuk pada kategori jajanan pasar. Akhir-akhir ini kue dongkal sedang naik pamor dan begitu banyak yang menyukainya. Kue dongkal terbuat dari tepung beras dengan bahan isian sederhana berupa gula aren. Bentuk kue dongkal yang unik cukup mampu membuat penikmatnya selalu ketagihan.

Kue dongkal pada dasarnya memiliki kesamaan dari bahan dan adonannya dengan kue putu, proses pengolahannya juga sama dengan cara dikukus. Yang berbeda adalah kue dongkal dikukus dengan menggunakan kukusan kerucut, sedangkan kue putu dikukus dengan menggunakan cetakan potongan bambu sebaiknya jangan gunakan pipa pvc seperti yang banyak dilakukan oleh penjual saat ini. Kemudian yang membuat berbeda antara kue dongkal dan kue putu adalah warna, biasanya kue dongkal berwarna putih karena adonan tidak diberi pewarna hijau dari daun suji, sedangkan kue putu memiliki warna hijau yang khas. Kedua kue tersebut adalah jajanan pasar kha Nusantara yang jangan sampai punah, kita semua harus melestarikannya.

Kembali lagi dengan kue tradisional dongkal atau di Jawa Barat seringkali orang menyebutnya sebagai kue dodongkal. ini adalah kue yang hampir sulit untuk di cari, bahkan di Jakarta yang katanya asal kue dongkal saja sudah sangat sulit untuk mencari nya. Kue ini seperti disebutkan di atas memiliki bentuk yang sangat khas, berbentuk seperti tumpeng yang ujungnya ditutup dengan daun pisang. Pada perkembangannya kue dongkal ini tidak polosan seperti sebelumnya namun diberi daun pandan untuk memberikan aroma yang lebih sedap. Kue dongkal yang sudah matang dan dikeluarkan dari kukusan bambu akan memiliki ciri fisik putih dan coklat belang-belang, ini adalah pengaruh dari lapisan isi gula aren yang meleleh. Kue dongkal biasanya disajikan bersama dengan taburan kelapa parut.

Sahabat sehat juga wajib tau tentang kandungan gizi dari kue dongkal, jadi jangan menyepelekan sepotong kue hanya memberi kenikmatan sesaat saja. Kue dongkal mengandung energi hingga 7 kilokalori, kandungan lain dari kue dongkal adalah protein 1,3 gram, karbohidrat 15,8 gram, zat besi 0,2 mg, mlemak 0,9 gram, kalsium 0,001 mg. Semua kandungan gizi dari kue dongkal tersebut di dapatkan dari hasil penelitian terhadap 40 gram kue dongkal atau kue dodongkal. Nah dengan mengetahui jumlah kandungan karbohdrat dari setiap 40 gram kue dongkal, sahabat juga wajib tau resiko terserang diabet. Jadi meskipun enak, jangan makan terlalu banyak ya.

Selanjutnya adalah di mana kita bisa menemukan kue dongkal? Saya juga tidak tahu banyak namun kue ini disinyalir masih bisaditemukan di beberapa tempat di Jawa Barat seperti di Sukabumi, Bogor dan Cianjur. Sedangkan di kota Bandung sahabat akan sangat susah mendapatkan kue dongkal, karena di Bandung kue dongkal biasa disebut sebagai kue awug. Kue dongkal ini meskipun sederhana namun memberikan cita rasa yang tidak sederhana, meskipun cara membuatnya juga sangat sederhana namun nyatanya kue dongkal sudah termasuk dalam kue tradisional atau jajanan pasar yang sudah langka.

Resep Kue Dongkal Asli Khas Jawa Barat
Nah karena kue dongkal termasuk kue tradisional atau jajanan pasar Nusantara yang sudah langka, maka hendaknya kita sebagai pewaris kuliner asli Indonesia ikut berpartisipasi untuk menjaga dan bila memungkinkan melestarikannya. Untuk itu saya akan membagikan resep kue dongkal khas Jawa Barat yang bisa dengan mudah sahabat buat sendiri di rumah. Mumpung sedang dalam masa bulan puasa, kue tradisional ini bisa juga untuk menu berbuka puasa yang nikmat, karena kue ini cocok disajikan bersama dengan teh hangat atau dingin saat senja hari. Selamat mencoba.

Bahan :

  • 500 gram tepung beras (diolah setengah matang)
  • 500 gram gula merah (disisir halus)
  • 500 ml air
  • 2 sendok teh garam
  • 1/2 butir kelapa setengah tua (diparut halus)
  • Daun pandan secukupnya

Bahan taburan :

  • 1/2 butir kelapa (diparut memanjang) beri garam dan vanili kukus selama 10 menit

Mengolah tepung beras setengah matang :

  • Siapkan tepung beras, ciprati dengan air hingga membentuk butiran halus sambil terus diaduk hingga rata.
  • Bungkus dengan kain bersih, lalu kukus selama 15 menit.
  • Setelah selesai dikukus lalu angkat dan ratakan di atas tampah hingga bentuk menyerupai butiran nasi.
  • Diamkan dalam waktu kira-kira 12 jam. Selanjutnya ayak tepung beras terebut dengan saringan. Tepung beras setengah matang ini selanjutnya bisa diolah untuk bahan dasar kue dongkal.

Membuat kue dongkal :

  1. Siapkan dandang, masukkan air secukupnya dan panaskan, beri daun pandan untuk memberikan aroma wangi.
  2. Campurkan tepung beras yang sudah diolah sebelumnya dengan parutan 1./2 butir kelapa, beri air garam sedikit demi sedikit sambil diaduk sampai lembab dan berbutir.
  3. Siapkan wadah/kukusan beri beberapa lembar daun pandan, masukkan tepung beras setengah matang secukupnya, beri irisan gula merah, tutup lagi dengan tepung beras selang-seling hingga adonan habis.
  4. Masukkan kukusan ke dalam dandang, lalu kukus selama kurang lebih 15-20 menit hingga adonan kue matang lalu angkat.
  5. Siapkan wadah dengan alas daun pisang, lepas kue dari kukusan dan kue dongkal siap disajikan dengan taburan kelapa parut.

Catatan : Untuk membuat lapisan adonan sebelum dikukus, usahakan agar lapisan tepung lebih tebal daripada lapisan gula merah.

Demikian resep kue dongkal khas Jawa Barat yang bisa kami begikan untuk sahabat sehat semua. Jika sahabat ingin memberikan warna agar lebih cantik juga bisa, namun usahakan untuk menggunakan pewrna alami saja agar lebih terjamin kualitasnya. Semoga kue dngkal yang saya bagikan bermanfaat untuk sahabat sehat yang cinta kue tradisional. Selamat mencoba dan salam sehat.

Incoming search terms:

  • kue basah sehat 2017
  • bahan buat kue dongkal
  • bumbu cara memasak dongkal sapi
  • cara bikin kue dongkal dr awal
  • cara membuat kue dodongkal
  • dongkal
  • resep kue dodongkalan khas sunda
Resep Kue Dongkal Asli Khas Jawa Barat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!