Masakan Sehat – Kue apa yang setidaknya ada di hari raya selain nastar dan putri salju? Pasti sahabat sehat tahu donk kue apa itu? Jika tidak tahu, saya akan kasih tahu resep kue kastengel spesial biar anda tahu bahwa kue yang saya maksud adalah kue kastengel ini. Kue ini juga sepertinya menjadi kue wajib setiap hari raya, baik Idul Fitri, Natal, Imlek dan lain sebagainya. Kastengel adalah jenis kue kering yang banyak sekali penyukanya, hampir sama populer dengan kue nastar dan juga kue putri salju. Di Indonesia kue kastengel terkenal dengan bentuknya yang kecil, ya kalau diukur akan sebesar jari kita dan umumnya pendek hanya sekitar lime sentimeter saja. Untuk membuat adonan kue kastengel sebenarnya hampir sama dengan kue kering lain seperti juga nastar, hanya saja berbeda hasilnya.

Yang membedakan antara kastengel dan nastar adalah kue kastengel lebih cenderung menggunakan keju, berbeda dengan kue nastar yang diisi dengan nanas atau selai nanas. Kue kastengel memang akan berasa lebih nikmat karena ada campuran keju, apalagi jika menggunakan keju tua asli Belanda. Keju yang digunakan untuk membuat kue kastengel sekaligus mempengaruhi nikmatnya kue tersebut. Ada banyak jenis dari kue kastengel yang beredar saat ini, begitu juga dengan keju yang digunakan untuk bahan campuran, sahabat bisa memilih berbagai macam jenis keju untuk membuat kue kastengel sesuai dengan selera masing-masing. Pilihan keju yang bisa sahabat pilih juga bebas, sahabat bisa menggunakan keju yang banyak tersedia di pasaran seperti keju cheddar, keju guda dan juga keju edam. Semua jenis keju bisa digunakan, dan sebaiknya yang sesuai dengan selera sahabat semua.

Jika kita tengok jauh ke belakang, maka akan muncul pertanyaan, sebenarnya apa dan dari mana asal-usul kue kastengel hingga menjadi terkenal hingga saat ini. Ternyata kue kastengel berasal dari negeri Belanda. Jadi sekian lama bangsa Indonesia dijajah oleh Belanda ternyata juga mempengaruhi kuliner bangsa kita. Jadi bisa dikatakan bahwa kue kering yang kita sering makan saat ini adalah hasil warisan kuliner Belanda. Seperti kita ketahui bahan makanan seperti keju, jaman dahulu kita bisa anggap jarang menikmatinya, itu adalah makanan orang penjajah, namun sekarang keju sudah tidak asing lagi di lidah kita orang Indonesia. Asal kata kastengel juga berasal dari sebutan orang Belanda yang berasal dari kata kass dan stengel. Kass bisa diartikan sebagai keju dan stengel adalah batangan. Pada masa itu aslinya kue ini memang panjang sekitar tiga puluh sentimeteran, tidak seperti yang kita kenal sekarang.

Resep Kue Kastengel Spesial

Nah mengapa kemudian kue kastengel menjadi makanan yang begitu terkenal hampir diseluruh penjuru Nusantara, tentu saja dari resep turun temurun dari jaman penjajahan dulu. Jadi sejarah panjang negara kita lepas dari penjajahan juga menjadi sejarah dikenalnya kue kastengel di Indonesia, jadi jika dilihat ke belakang maka kue kastengel ini merupakan salah satu kue dengan sejarah yang sangat panjang sama halnya dengan resep kue nastar yang kita kenal saat ini. Masalah ukuran kue yang lebih kecil dan pendek menurut keterangan yang ada dikarenakan oleh ukuran oven yang lebih kecil, sehingga adonan kue dipotong-potong menyesuaikan oven yang ada, hingga kini ukuran kue kastengel hasil modifikasi inilah yang kemudian dikenal di Indonesia.

Setelah mengetahui tentang kue kastengel dan juga sejarah panjangnya, apalagi yang mau ditanyakan? Untuk masalah sejak kapan kue ini menjadi menu wajib di setaip hari raya pasti tidak ada yang tahu, saya juga tidak tahu, yang saya tahu kue ini enak dan siapa saja suka, jadi ya pasti sejak dikenal oleh orang Indonesia dan sejak itu menjadi kue yang wajib saat hari raya, karena kebanyakan kita menyiapkan kue ya setiap hari raya, meskipun hari biasa juga boleh saja. Ada lagi pertanyaan? Udah aja ya, sekarang saatnya saya memberikan resep kue kastengel spesial keju edam, karena resep ini menggunakan keju edam. Silahkan sahabat sehat simak resep berikut ini.

Bahan :

  • 6 butir telur (ambil kuningnya)
  • 440 gram tepung terigu (diayak)
  • 350 gram margarin
  • 60 gram tepung maizena
  • 350 gram keju edam (diparut)
  • 2 butir kuning telur (kocok lepas untuk olesan)
  • 50 gram keju cheddar

Cara membuatnya :

  1. Kocok margarin hingga lembut, lalu masukkan kuning telur dan kocok kembali hingga adonan campuran tersebut tercampur rata. Selanjutnya tambahkan tepung terigu yang sudah diayak dan tepung maizena, aduk kembali hingga tercampur rata menggunkaan sendok kayu.
  2. Masukkan parutan keju edam, aduk lagi hingga rata dan hingga adonan bisa di bentuk. Lalu pipihkan adonan dengan tebal 1 cm, kemudian cetak kue menggunakan cetakan kue kering, jika ingin bentuk yang lain sesuaikan dengan selera, lalu susun potongan kue di atas loyang yang sudah diolesi margarin. Olesi permukaan kue menggunakan kuning telur, lalu taburi dengan menggunakan parutan keju cheddar.
  3. Masukkan adonan ke dalam oven dan panggang dengan suhu 1600 C selama kurang lebih 20 menit, jika sudah angkat dan dinginkan, lalu simpan dalam toples kedap udara agar lebih awet.

Demikian resep kue kastengel spesial untuk sahabat sehat semua. Kue ini wajib dicoba agar tidak ada rasa penasaran dalam hati sahabat semua. Dengan bahan yang tersedia pada resep di atas sahabat bisa membuat kue kastengel sebanyak 935 gram kue. Selamat mencoba, semoga berhasil dan salam sehat.

Resep Kue Kastengel Spesial Keju Edam
Tagged on:                     

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!