Masakan Sehat – Setengah dari bulan puasa sudah hampir di lewati, kini sudah tidak sibuk lagi mikirin menu berbuka puasa, itu sudah biasa. Kini saatnya sahabat sehat memikirkan kue apa yang bakal di siapkan untuk hari raya lebaran nanti. Untuk yang pertama saya akan membagikan resep kue nastar nanas lembut yang tentu saja sangat di nanti di hari raya. Kue nastar adalah kue yang sangat populer di hari raya, meskipun tidak harus menunggu hari raya pun kita bisa menikmati nikmatnya kue nastar lembut lumer di lidah. Kue yang satu ini memang sederhana baik dari bentuknya yang bulat kecil dengan warna creamy atau kuning keemasan. Dan jika sahabat semua menikmati nastar dengan penuh penghayatan, nikmati ketika lumer di lidah, mmmmm…. yummy.

Sahabat sehat harus bisa membuatnya, jangan sampai saat hari raya nanti meja tamu sahabat di rumah absen dari kue nastar. Saya yakin hari raya tidak akan komplit dengan tidak hadirnya kue nastar nanas yang pasti akan banyak diserbu oleh para penggemarnya. Biasanya kue yang memiliki tampilan cantik dan menggemaskan untuk dimakan adalah kue yang paling cepat habis, salah satunya ya kue nastar itu sendiri. Kue nastar adalah kue yang bisa dikategorikan sebagai kue kering, kebanyakan memiliki bentuk bulat kecil dan bisa dimakan sekali lahap. Nah yang sering terjadi anak-anak yang lagi makan kue nastar dan orang tuanya pamit bisa dengan mudah menghabiskan kuenya dengan pamitan sambil mengunyah, pokoknya hidup ngunyah deh.

Jika kita lihat ke belakang tentang kue nastar ternyata memiliki sejarah yang cukup panjang. Menurut catatan sejarah yang ada kata nastar di ambil dari bahasa Belanda yaitu “Ananasi atau nanas” dan “Taart atau tart” yang kemudian di artikan sebagai kue nanas. Jika dilihat dari kegemaran orang Belanda yang suka menikmati kue taart Eropa beda dengan kue nastar, kue yang ada disana biasanya diisi dengan blueberry atau apel. Nah karena di Indonesia kala itu sangat susah mendapatkan buah apel maupun blueberry maka nanas dipilih oleh orang Belanda sebagai ganti untuk kedua buah tersebut. Sejak saat itu hingga sekarang maka di Indonesia dikenal iatilah kue nastar nanas. Ada perbedaan antara kue taart eropa dengan kue nastar dari bentuknya, di mana kue nastar memiliki bentuk yang lebih kecil.

Resep Kue Nastar Nanas Lembut

Di atas kita sudah mengetahui sejarah kue nastar yang dikenal di Indonesia, meskipun kita tidak pernah tahu kue nastar ini ditemukan oleh siapa dan siapa yang memegang hak patentnya, anggaplah tidak penting ya, yang terpenting kini kita bisa membuatnya dan bisa kita sajikan dalam toples untuk menyambut tamu saat hari raya nanti. San yang paling penting kue nastar yang kita buat nanti memiliki cita rasa yang tak kalah menarik dari kue yang dijual di toko-toko kue, dan pastinya harus lebih higienis ya sahabat. Karena kue yang dibuat dengan menjaga kebersihan tentu saja akan lebih terjaga kesehatannya ya kan.

Baiklah untuk mempersingkat waktu saya akan memberikan dan membagikan apa yang sebelumnya sudah saya janjikan. Jika resep yang saya bagikan berhasil di buat jangan lupa kirim-kirim ya. Dan berikut ini adalah resep kue nastar nanas lembut yang akan saya bagikan pada hari ini, semoga resep ini membantu sahabat sehat untuk persiapan hari raya. Selamat mencoba.

Bahan :

  • 300 gram mentega
  • 200 gram margarin
  • 150 gram gula halus
  • 2 butir telur (ambil kuningnya)
  • 2 sendok makan susu bubuk
  • 500 gram tepung terigu protein sedang

Bahan selai :

  • 1 buah nanas parut
  • 300 gram gula pasir
  • 1/2 sendo teh bubuk kayu manis
  • 1/2 sendok teh garam

Cara membuatnya :

  1. Kocok mentega bersama dengan margrin dan gula halus hingga gula larut, lalu tambahkan kuning telur, susu bubuk dan tepung terigu protein sedang, aduk-aduk hingga rata, lalu sisihkan.
  2. Membuat selai : campurkan semua bahan untuk membuat selai, kemudian masak menggunakan api kecil sambil terus diaduk hingga airnya habis, lalu angkat.
  3. Ambil adonan tepung secukupnya, lalu pipihkan adonan tersebut. Ambil selai secukupnya lalu isikan ke dalam adonan tepung. Bulatkan adonan hingga selai nanas tertutup, dan tancapkan cengkih di atas bulatan. Susun adonan yang sudah jadi di atas loyang yang sudah diolesi dengan margarin, lakukan hingga adonan habis. Olesi permukaan adonan kue tersebut dengan kuning telur.
  4. Masukkan loyang ke dalam oven, lalu panggang dengan suhu 1500 C hingga setengah matang selama kurang lebih 20 menit. Angkat dan olesi lagi permukaan kue dengan kuning telur, kemudian masukan ke oven dan panggang lagi hingga matang dan warna berubah kuning. Kemudian angkat dan simpan ke dalam toples agar lebih awet.

Demikian cara membuat kue nastar nanas lembut yang bisa saya berikan untuk sahabat sehat semua. Semoga resep yang saya bagikan bermanfaat dan semoga sesuai dengan selera. Bahan yang digunakan untuk resep kue nastar di atas bisa menghasilkan 1.225 gram kue, jika masih kurang bisa menambah bahan resep di atas, semoga berhasil dan salam sehat.

Resep Kue Nastar Nanas Lembut Spesial Hari Raya
Tagged on:                     

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!