Masakan Sehat – Bagi kebanyakan masyarakat Indonesia tentu sudah tidak asing lagi dengan kue yang satu ini. Kue putu ayu adalah nama kue yang begitu terkenal hampir di seluruh kepulauan Nusantara. Untuk menjaga salah satu kekayaan kuliner tradisional Nusantara, maka kali ini saya akan membagikan resep kue putu ayu empuk sederhana dan praktis untuk sahabat sehat semua. Kue tradisinal yang masuk pada kategori kue basah ini adalah makanan yang sangat terkenal dengan tekstur empuk terbuat dari tepung beras dan umumnya memiliki warna hijau dengan parutan kelapa sebagai topping. Kue tradisional ini hingga saat ini masih sngat mudah ditemui di pasar-pasar tradisional masih dengan ciri khas yang tidak banyak berubah dari wakru ke waktu.

Kue putu ayu sudah dikenal di Indonesia sejak masa kolonialisme masih menguasai bumi Nusantara. Jadi bisa dikatakan bahwa kue ini adalah kue yang sangat legendaris. Kue hasil budaya kuliner Nusantara ini dibuat dari bahan-bahan yang sangat sederhana yang ada pada saat itu kecuali telur. Bahan kue seperti telur, mentega dan lain sebagainya hanya bisa dinikmati oleh kaum penjajah, sedangkan orang pribumi menikmati makanan dengan bahan-bahan sederhana yang tersedia pada masa sulit saat itu. Hanya menggunakan tepung terigu, sedikit telur dan tambahan bahan-bahan sederhana yang lain serta parutan kelapa, jadilah kue yang justru banyak digemari hingga saat ini. Karena dengan adanya bahan telur yang digunakan pada kue ini, maka kue putu ayu yang sederhana pada saat ini, pada masanya adalah kue yang yang mewah

Cara membuat kue putu ayu selain bahannya yang sangat mudah di dapat dan sangat sederhana juga sangat mudah dalam proses pembuatannya. Membuat kue putu ayu biasanya diproses dengan cara dikukus. Tidak jauh berbeda dengan kue putu yang biasa dijajakan dengan dipikul atau bersepeda dengan bunyi mendengung yang khas. Hanya saja kue putu yang sering dijajakan itu di kukus dengan menggunakan cetakan tabung bambu. Sebenarnya hampir sama, namun untuk kue putu yang ini menggunakan cetakan kue berbentuk bunga dan tidak menggunakan gula merah sebagai isian. Namun cita rasa kedua kue putu ini sama nikmatnya koq. Namun pada artikel kali ini saya hanya akan memberikan resep kue putu ayu saja, sedangkan kue putu yang satunya lagi akan saya berikan resepnya lain waktu.

Resep Kue Putu Ayu Empuk Sederhana dan Praktis
Perlu diingat bahwa kue ini adalah jenis kue basah, artinya kue ini tidak bisa bertahan lama, agar bisa dinikmati esok harinya, kue ini bisa disimpan di lemari pendingin. Selain itu beberapa hal yang sebaiknya diperhatikan adalah untuk pewarnaan kue. Untuk pewarnaan kue putu ayu, pada umumnya sih menggunakan warna hijau, namun sahabat tentu saja bebas berkreasi dengan berbagai warna agar lebih mempercantik tampilan kue. Nah yang paling penting dari proses pewarnaan ini adalah bahan pewarna itu sendiri. Sebaiknya sahabat semua menggunakan bahan pewarna alami, untuk warna hijau sahabat bisa memanfaatkan daun pandan atau daun suji sebagai pewarna hijau alami. Disamping lebih bagus untuk kesehatan, menggunakan warna hijau pandan bisa memberikan aroma kue yang lebih sedap.

Keberadaan kue putu ayu hingga saat ini masih terjaga kelestarianya, pada mulanya kue putu ayu ini hanya bisa didapatkan untuk acara-acara besar atau acara adat tradisional daerah saja, namun kini sudah menjadi makanan nasional. Hampir semua orang pernah menikmati kue ini, dan sebagai jajanan pasar tradisional kue ini sudah mendapatkan tempat di hati masyarakat luas. Makanan tradisional yang satu ini termasuk makanan yang menyehatkan karena mengandung hidrat arang dan terbuat dari bahan-bahan yang hampir semuanya bahan tradisional alami. Kini makanan selingan ini sudah diperkenalkan dalam berbagai macam acara baik berskala nasional maupun internasional, harapannya makanan tradisional Nusantara lebih dikenal hingga ke seleuruh dunia.

Untuk itu demi menjaga kekayaan kuliner tradisional Nusantara yang salah satunya adalah kue putu ayu, sebaiknya kita semua belajar membuat kue tradisional yang satu ini mulai dari sekarang. Karena kalau bukan kita yang menjaganya siapa lagi yang mau. Untuk itu saya akan segera membagikan resep kue putu ayu sederhana dan praktis pada resep yang ada di bawah ini, selamat mencoba.

Bahan :

  • 300 gram tepung terigu
  • 1 sendok teh emulsifier (pengembang kue)
  • 250 gram gula pasir
  • 5 butir telur
  • 150 ml santan kelapa
  • 1 butir kelapa muda (diparut)
  • 1 sendok makan pewarna (sebaiknya pewarna alami)
  • Garam secukupnya

Cara membuatnya :

  1. Campurkan gula bersama dengan telur, lalu kocok campuran tersebut hingga mengental. Masukkan emulsifier, lalu kocok kembali hingga adonan memutih. Kemudian tuangkan santan dan tambahkan terigu, aduk-aduk hingga rata.
  2. Siapkan cetakan kue putu, olesi permukaan cetakan dengan sedikit minyak, lalu beri sedikit parutan kelapa dan tekan hingga padat. Tuangkan adonan secukupnya ke dalam cetakan.
  3. Kukuslah adonan tersebut selama kurang lebih 30 menit hingga matang, kemudian angkat dan keluarkan kue putu ayu dari dalam cetakan, biarkan dingin hingga siap disajikan.

Catatan : pada saat mengukus, beri selembar kain sebelum kukusan atau panci ditutup, tujuannya agar air tidak menetes pada adonan yang bisa merusak bentuk. Pilihan warna sesuaikan dengan selera masing-masing.

Demikian resep kue putu ayu sederhana dan praktis yang bisa saya berikan untuk sahabat sehat semua. Dengan bahan yang tersedia pada resep di atas, sahabat bisa membuat sebanyak 30 buah kue putu ayu. Semoga resep yang saya berikan membantu sahabat untuk membuat kue tradisional dan cita rasa yang dihasilkan sesuai dengan selera. Semoga berhasil dan salam sehat.

Incoming search terms:

  • cara membuat kue putu ayu dengan warna alami
  • resep masakan sederhana
Resep Kue Putu Ayu Empuk Sederhana dan Praktis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!