Masakan Sehat – Anda pecinta makanan tradisional tentu mengenal yang namanya lumpia bukan? Namun sayangnya kali ini saya tidak akan membahas lumpia, namun akan memberikan resep membuat kulit lumpia yang baik dan benar. Mengapa hanya membahas kulitnya saja? Karena lumpia tanpa kulit ngga bakalan jadi tuh lumpia. Sama juga habis mandi ngga pakai baju. Isian lumpia bisa berantakan jadinya. Jadi alasan saya bahas kulit lumpia adalah untuk mempermudah Anda semua yang ingin membuat lumpia, siapkan dulu kulitnya baru deh membuat lumpianya.

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa lumpia adalah makanan tradisional asal kota Atlas Semarang. Makanan ini adalah campuran dua budaya kuliner antara kuliner Tionghoa dengan kuliner Nusantara. Kita semua juga mengenal ada dua jenis lumpia, yaitu lumpia kering dan lumpia basah. Sebenarnya keduanya sama, hanya saja pengolahan atau cara memasaknya saja yang berbeda. Lumpia kering biasanya ya digoreng buka di jemur, sedangkan lumpia basah diolah dengan cara dikukus, bukan direndam di air ya. Nah kedua jenis lumpia ini sama-sama membutuhkan kulit untuk membungkus bahan isian lumpia.

Seringkali kita bingung saat mau membuat lumpia, biasanya kebingungan ada pada kulit lumpia itu sendiri. Sekarang sih bukan hal yang susah untuk mendapatkan kulit lumpia, banyak tersedia di pasar tradisional sekalipun. Namun apa jadinya jika persediaan kebetulan habis? Sedangkan bahan isian sudah siap, mau tidak mau harus membuatnya sendiri bukan? Akhirnya artikel ini bisa memberikan solusi untuk Anda. Makanya jangan kemana-mana di sini makanan atau minuman apapun akan kami sediakan pada artikel-artikel selanjutnya.

Syarat untuk mendapatkan kulit lumpia yang baik adalah bagaimana cara kita mengaduk adonan tepung. Perpaduan antara tepung dengan telur harus sempurna, dan menguleni atau mengaduk adonan juga harus tercampur seluruhnya. Syarat ini juga mempengaruhi hasil dari kulit lumpia tersebut sehingga menghasilkan kulit lumpia yang gurih dan renyah jika diggunakan untuk membuat lumpia kering. Berbagai pendapat yang muncul dari banyak orang mengatakan bahwa kulit lumpia yang baik adalah kulit lumpia yang tipis, gurih, garing dan mulus dan jika di goreng tidak pecah dan rusak.

Resep Membuat Kulit Lumpia Yang Baik dan Benar
Namun tidak semua orang memiliki pendapat yang sama, ada sebagian orang yang lebih suka kulit lumpia yang tebal, itu semua sebenarnya menyesuaikan selera masing-masing karena selera kita pasti berbeda, namun kebanyakan memang suka kulit lumpia yang tipis, selain renyah tentu saja lebh hemat bahan. Bagi Anda yang lebih suka kulit yang tipis, Anda olehkan sekali saja di wajan datar sehingga kulit tipis, dan hasilnya akan lebih liat saat sudah dingin. Sedangkan yang suka kulit tebal, oleskan adonan berkali-kali sesuai selera, hasilnya bisa renyah lebih lama.

Sebenarnya membuat kulit lumpia tidaklah susah, hanya butuh sedikit telaten dan sabar, tentu saja niat jangan ketinggalan. Saya sebut tidak susah karena memang bahan-bahan yang yang digunakan sangat mudah di dapat, selain itu proses membuatnya juga gampang, apalagi dengan resep yang akan saya berikan nanti. Hanya tinggal mengikuti cara yang nanti akan saya berikan dengan baik, mudah-mudahan kulit lumpia yang Anda buat berhasil sempurna sesuai dengan harapan.

Baiklah untuk mempersingkat waktu yang singkat, berikut ini adalah resep jitu membuat kulit lumpia yang baik dan benar. Selamat mencoba.

Bahan :

  • 200 gr tepung terigu, pilih merk sesuai selera
  • 1 sdt garam
  • 200 ml air
  • 150 ml putih telur
  • 2 sdm minyak sayur, untuk olesan

Cara membuatnya :

  1. Campurkan tepung terigu bersama dengan garam dalam satu wadah, lalu aduk hingga ercampur rata, lalu masukkan putih telur dan aduk kembali menggunakan tangan hingga bahan tercampur rata, kemudian masukkan air sedikit demi sedikit sambil terus diaduk dengan tangan. Lakukan hal tersebut hingga air habis dan tetap lanjutkan mengaduk setelah air habis hingga 15 menit kemudian, setelah selesai diamkan adonan kira-kira 40 menit.
  2. Siapkan wajan atau loyang anti lengket dan panaskan menggunakan api kecil, olesi wajan atau loyang dengan minyak sedikit saja. Menggunakan kuas kue yang lebar, oleskan adonan di atas wajan atau loyang hingga rata, tebal tipis sesuaikan selera.
  3. Goreng adonan tersebut hingga bagian tepi adonan terkelupas, lalu angkat adonan tersebut dan taruh di atas daun pisang, atau permukaan lain yang tidak lengket, lakukan hal tersebut hingga adonan habis.

Cara agar kulit lumpia tidak terlepas saat digoreng :

  • Gunakan putih telur dengan cara : campurkan putih telur dengan 1 sdm air, kocok hingga rata, lalu olehkan putih telur tersebut menggunakan kuas di sepanjang bagian luar lumpia yang akan direkatkan, tekan pelan-pelan.
  • Biarkan saja kira-kira 15 menit agar daya rekat makin kuat. Pada saat menggoreng lumpia, usahakan cukup sekali saja membalik lumpia jika kulit bagian bawah sudah kekuningan.

Selesai sudah cara membuat kulit lumpia serta tips menggoreng lumpia agar tidak lepas. Dengan bahan yang tersedia di atas, Anda bisa membuat 32 lembar kulit lumpia. Semoga berhasil, salam sehat.

Incoming search terms:

  • facebook adonan kulit lumpia di oles
  • makanan sehat dari lumpia
  • resep kulit lumpia jadi banyak
Resep Membuat Kulit Lumpia Yang Baik dan Benar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!