Masakan Sehat – Siapa yang belum pernah menikmati nasi uduk baik saat sarapan maupun makan malam? Saya sendiri biasa menikmati nasi uduk saat sarapan dengan jengkol, juga saat makan malam. Nah kali ini saya akan memberikan resep nasi uduk komplit khas Betawi untuk sahabat semua. Resep ini saya beri kasih nama nasi uduk komplit karena memang sudah dilengkapi dengan bahan pelengkap dan juga sambal. Jadi bagi sahabat yang kebingungan untuk membuat menu sarapan, cobalah membuat nasi uduk yang meskipun sederhana namun nyatanya banyak yang menyukai nasi uduk ini. Banyak sekali warung yang menyediakan nasi uduk yang selalu rame, apalagi kebanyakan harga yang ditawarkan juga sangat murah. Umumnya pedagang nasi uduk dilengkapi dengan berbagai pilihan lauk yang mampu mengundang selera.

Saat ini nasi uduk sangat dikenal di sekitaran Jakarta dan dianggap sebagai makanan khas Betawi. Nasi uduk umumnya dijual pada saat pagi hari sebagai menu sarapan dan juga pada malam hari sebagai menu makan malam. Pada malam hari nasi uduk juga mudah ditemukan di warung pecel lele dan ayam yang banyak bertebaran di pinggir jalan. Mereka biasanya menawarkan dua macam nasi, ada nasi biasa dan satu lagi adalah nasi uduk itu sendiri. Nasi uduk menurut beberapa keterangan sudah ada sejak abad ke-14 dan dibawa oleh para pedagang Melayu ke tanah Jawa, namun ada banyak pendapat tentang asal usul nasi uduk ini. Bahkan ada juga yang mengatakan bahwa nasi uduk berasal dari bahasa Sunda yang dalam bahasa setempat “uduk” mengandung arti campur atau menyatu, artinya nasi uduk dalam penyajiannya cocok dicampur dengan berbagai lauk dan makanan pelengkap lainnya.

Begitulah kira-kira gambaran asal muasal dari nasi uduk yang kita kenal hingga saat ini. Tidak banyak perubahan dari nasi uduk yang ada pada saat ini dibandingkan dengan nasi uduk pada awalnya, rasanya juga tidak berubah. Nasi uduk memiliki beberapa sebutan di tiap wilayah di Nusantara. Orang Jawa menyebut nasi uduk sebagai nasi gurih atau sego gurih, menu inilah yang dulu sering dibuat oleh nenek saya dan membuat saya yang susah makan mau makan, bahkan hanya dengan nasi saja sepiring nasi uduk habis. Di Malaysia juga mengenal makanan sejenis nasi uduk yang masyarakat setempat mengenalnya dengan sebutan nasi lemak. Apapun namanya tidak mengubah nilai dan cita rasa nasi uduk itu sendiri. Sering saya membeli nasi uduk di beberapa tempat memiliki ciri yang sama yaitu ada taburan bawang goreng yang mampu menggugah selera. Jadi ini juga menjadi ciri khas nasi uduk selain dari rasanya.

Resep Nasi Uduk Komplit Khas Betawi

Setelah sahabat tahu tentang berbagai hal yang berkaitan dengan nasi uduk, kini saatnya sahabat mencoba untuk membuatnya sendiri di rumah. Bagaimana cara membuat nasi uduk komplit yang memiliki cita rasa nikmat dan gurih, itu sangat gampang, yang diperlukan hanya sedikit meluangkan waktu dan mengumpulkan niat karena membuat nasi uduk dua kali waktu memasak nasi biasa. Namun dengan kesabaran ekstra semua bisa terbayar lunas karena sahabat bisa membuat nasi uduk spesial untuk keluarga tercinta. Tanpa menunda waktu lagi berikut resep nasi uduk komplit Betawi untuk sahabt sehat, selamat mencoba.

Bahan :

  • 500 gram beras
  • 700 ml santan (dari 1/2 butir kelapa)
  • 1 batang serai (dimemarkan)
  • 1/2 sendok teh ketumbar (disangrai)
  • 1 lembar daun salam
  • 1 lembar daun pandan (ikat simpul)
  • Garam secukupnya

Bahan pelengkap :

  • 100 gram teri jengki/teri medan (digoreng)
  • 50 gram kacang goreng
  • Telur didadar (iris tipis memanjang)
  • Daun kemangi secukupnya
  • Bawang goreng secukupnya (untuk taburan)

Bahan sambal kemiri :

  • 3 buah cabai merah keriting (direbus sebentar)
  • 6 buah cabai rawit merah
  • 25 gram kacang tanah (digoreng)
  • 5 butir kemiri (digoreng)
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1 sendok teh gula pasir
  • 500 ml air panas

Cara membuatnya :

  1. Kukus dahulu beras hingga setengah matang, lalu angkat dan sisihkan.
  2. Didihkan santan bersama dengan serai, ketumbar, daun salam dan daun pandan, lalu tambahkan garam dan masak sambil di aduk. Selanjutnya masukkan beras yang sudah dikukus setengah matang tadi, aduk hingga santan habis terserap oleh nasi. Kemudian kukus lagi nasi tersebut hingga matang, lalu angkat.
  3. Membuat sambal kemiri : haluskan cabai merah, cabai rawit, kemiri, kacang goreng, garam dan gula pasir, lalu tambahkan air panas pada bahan yang sudah dihaluskan, aduk hingga rata.
  4. Penyajian : Sajikan nasi uduk yang sudah jadi dalam piring saji bersama dengan bahan pelengkap dan sambal kemiri. Agar lebih nikmat bisa ditambahkan lauk sesuai selera masing-masing.

Demikian resep nasi uduk komplit khas Betawi untuk sahabat sehat semua di rumah. Tidak terlalu sulit membuat nasi uduk, hanya lebih banyak sedikit waktu yang dibutuhkan daripada membuat nasi biasa. Semua bahan yang tersedia pada resep kali ini bisa disajikan untuk 4 hingga 5 orang. Semoga resep kali ini bermanfaat untuk sahabt semua, semoga berhasil dan salam sehat.

Resep Nasi Uduk Komplit Khas Betawi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!