Masakan Sehat – Makanan yang nikmat dan mampu menggugah selera itu tidak perlu mewah. Cukup dengan bahan sederhana Anda bisa membuat makanan yang mampu mengundang selera siapa saja. Seperti pada kesempatan kali ini saya akan membagikan resep oseng jamur campur tahu yang tidak kalah dengan menu makanan di restoran. Jamur dan tahu adalah bahan yang sangat sederhana bahkan bisa dianggap sebagai makanan orang kampung seperti saya. Namun ibalik jamur dan tahu nyatanya banyak manfaat yang bisa kita ambil.

Tahu merupakan bahan makanan yang terbuat dari endapan perasan biji kedelai yang mengalami kongulasi. Tahu yang kita kenal sekarang konon asalnya dari Tiongkok. Nama tahu sendiri konon berasal dari bahasa Hokkian yaitu tauhu, yang mengandung arti harafiah sebagai kedelai terfermentasi. Tahu biasanya berpadu dengan produk hasil olahan kedelai yang lain yaitu tempe. Kedua bahan makanan ini seolah menjadi satu perpaduan khas yang tak lepas dari budaya kuliner Nusantara. Saya sendiri juga penikmat tahu dan tempe sejati lho.

Tahu sudah dikenal di Indonesia sudah sejak lama dan sudah seperti makanan asli Nusantara. Tahu adalah bahan makanan yang tidak mengenal kasta atau tingkat sosial. Tahu hadir sebagai menu makanan dari warung makan sederhana hingga restoran bintang lima. Tahu memang bahan makanan yang sangat fleksibel, bisa dimasak apa saja, bisa disandingkan dengan jenis makanan apa saja dan tentu saja menambah kaya dunia kuliner.

Sedangkan bahan makanan yang kedua adalah jamur. Jamur adalah tumbuhan yang tidak memiliki klorofil dan hidup secara hetrotrof. Nah jamur ini sebagian bisa dikonsumsi oleh manusia untuk dibuat sebagai bahan makanan. Jamur juga menjadi salah satu bahan makanan yang banyak digemari oleh sebagai orang. Nah jamur yang akan kita buat resepnya kali ini adalah jamur hioko atau kebanyakan orang juga mengenalnya sebagai jamur shitake. Jamur jenis ini sudah dikenal selama ribuan tahun sebagai bahan makanan di wilayah Asia Timur.

Resep Oseng Jamur Campur Tahu Spesial
Baik jamur maupun tahu kedua nya sama-sama memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik untuk perkembangan dan kesehatan tubuh manusia. Jamur hioko atau jamur shitake sudah dikenal lama banyak mengandung berbagai macam vitamin yang sangat berguna bagi tubuh. Beberapa jenis vitamin yang terkandung pada jamur shitake adalah vitamin B2, B3, B5 dan B6, selain itu jamur juga mengandung vitamin D. Kandungan Nutrisi lain adalah Selenium, tembaga, mangan, zinc, dan folat. Zat nutrisi tersebut sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia untuk menunjang kesehatan.

Tahu sebagaimana kita tahu adalah sebagai sumber protein non hewani, sama halnya dengan saudaranya tempe. Selain itu tahun juga mengandung berbagai mineral lain yang juga sangat baik untuk menunjang kesehatan manusia. Bahan mineral yang terkandung pada tahu antara lain adalah kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium dan seng. Selain itu tahu juga mengandung berbagai vitamin seperti vitamin D, A, B6, dan vitamin C.

Nah kembali lagi ke resep di atas, jamur dan tahu sudah tidak asing lagi sebagai perpaduan makanan yang sangat lezat. Kedua bahan ini jika dilihat dari resep kali ini akan diolah sebagai oseng. Meskipun terlihat sederhana namun mampu memberikan berbagai macam manfaat bagi tubuh manusia. Berbagai bahan mineral dan vitamin yang terkandung di dalamnya adalah sumber nutrisi yang baik.

Setelah Anda semua tahu apa saja kandungan nutrisi dan vitamin yang ada pada bahan makanan kali ini, Anda bisa mencari tahu sendiri manfaat apa saja yang bisa kita dapatkan dari masakan kali ini. Dan untuk mempersingkat waktu sudah saatnya saya akan membagikan resep istimewa hari ini yaitu resep oseng jamur campur tahu yang bisa Anda lihat dan ikuti di bawah ini. Selamat mencoba.

Bahan :

  • 1 buah tahu cina ukuran besar
  • 250 gram jamur shitake (seduh air panas, tiriskan)
  • 50 gram daging giling
  • 3 sdm minyak goreng (untuk menumis)
  • 3 siung bawang putih (rajang halus)
  • 5 butir bawang merah (rajang halus)
  • 1 butir bawang bombay (potong dadu)
  • 2 buah cabai hijau besar (potong serong)
  • 1 buah tomat (potong dadu)
  • 1 cm lengkuas (memarkan)
  • 2 lembar daun salam
  • 1 1/2 sendok teh garam
  • 1 sendok teh gula
  • 1/2 sendok teh bubuk merica
  • 250 ml air
  • Penyedap rasa (tidak wajib)

Cara membuatnya :

  1. Tahu dipotong dadu ukuran sesuai selera, kemudian digoreng setengah matang dan sisihkan. Jamur dicuci bersih, lalu dibelah dua bagian memanjang.
  2. Panaskan minyak goreng lalu tumis bawang merah, bawang putih, dan bawang bombay hingga harum. Masukkan irisan cabai hijau, lengkuas, tomat dan daun salam. Lalu masukkan daging giling, dan tumis lagi hingga daging kaku dan warnanya berubah.
  3. Masukkan jamur, lalu aduk-aduk, masukkan garam, gula, merica dan penyedap (tidak wajib), lalu tuangkan air. Masak hingga air mendidih dan bumbu meresap, lalu angkat.

Resep Oseng jamur campur tahu spesial sudah selesai kami buat untuk anda. Dengan bahan yang tersedia pada rese di atas Anda bisa membuat empat porsi makan untuk keluarga. Semoga berhasil, salam sehat.

Resep Oseng Jamur Campur Tahu Spesial

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!