Masakan Sehat – Mungkin belum banyak di antara sahabat sehat yang sudah pernah mencicipi roti cane atau roti canai. Saya mengatakan begitu karena makanan yang satu ini memang tidak banyak ditemukan di berbagai tempat di seluruh Indonesia. Nah jika sahabat ingin mencicipi nikmatnya roti cane saya akan memberikan resep roti cane khas Aceh yang akan saya berikan pada akhir artikel ini. Menyebut roti cane memang sangat lekat dengan Aceh, mengapa demikian? Karena memang roti cane ini sangat terkenal di Aceh, meskipun di tempat lain di Indonesia juga telah ada roti cane. Bahkan tidak ada di Indonesia saja roti cane dikenal dengan sebutan lain di berbagai negara di Asia.

Sebenarnya roti cane atau roti canai ini bukan makanan asli Indonesia atau Aceh pada khususnya, namun berasal dari India. Orang India yang meninggalkan negaranya untuk berdagang pada masa lalu sedikit banyak mempengaruhi budaya kuliner di negara yang mereka tuju. Untuk daratan Asia roti cane begitu terkenal di Indonesia di pulau Sumatera khususnya Aceh, sedangkan di negara Asia lain roti cane dikenal luas di Malaysia, Singapura dan China. Roti cane di berbagai negara memiliki nama yang berbeda-beda meskipun baik bahan , bentuk dan rasanya sama. Misalnya di Malaysia dan Singapura roti cane dikenal dengan nama prata, di Myanmar orang menyebutnya palata dan banyak sebutan lain untuk masing-masing negara.

Roti cane adalah makanan yang memiliki bentuk bulat pipih, memiliki karakteristik unik dengan bentuk lapisan tepung yang tidak menyatu. Cita rasa kue cane cenderung hambar dengan sedikit rasa manis dan gurih saat digigit karena roti cane dibuat dari bahan dasar tepung dan lemak. Karena rasanya yang datar di Indonesia roti cane ini biasanya dipadukan dengan kari kambing dengan bumbu rempah yang kuat, sehingga memberikan rasa yang lebih nikmat. Perpaduan antara roti cane dan kari kambing di Aceh seolah tidak bisa lagi dipisahkan. Di Aceh sendiri ada tradisi menikmati roti cane setiap habis melakukan shalat Jumat. Kecuali pada bulan Puasa seperti saat ini. Pada saat bulan puasa roti cane biasanya dihidangkan sebagai menu berbuka puasa.

Resep Roti Cane Khas Aceh Sederhana
Lalu apakah cara membuat roti cane itu susah? Dengan tegas saya katakan tidak sulit sama sekali, bahkan bisa dibilang bahan yang digunakan untuk membuatnya pun sangat sederhana, seperti juga cara membuatnya yang begitu mudah dan sederhana. Resep yang akan saya bagikan untuk sahabat sehat semua tidak menyertakan kari kambing sebagai pelengkapnya, saya hanya akan memberikan resep roti cane yang paling sederhana dulu. Jadi apabila dalam resep yang saya berikan nanti ada kekurangan harap dimaklumi. Yang kelas sebagai media untuk belajar memasak resep yang akan saya bagikan nanti akan memberikan tutorial yang paling mudah untuk membuatnya.

Jika dilihat dari bahan yang digunakan untuk resep ini, roti cane yang dihasilkan akan berasa gurih dengan sedikit rasa asin, dan tidak manis karena resep aslinya tidak menggunakan bahan gula, jika sahabat ingin ada sedikit rasa manis dari kue yang akan dibuat bisa menambahkan gula pasir secukupnya dan dicampurkan saat membuat adonan. Saya sendiri belum pernah menikmati roti cane yang asli dari Aceh, namun jika membayangkan dari tekstur dan rasanya saya rasa resep ini sudah bisa dikatakan memiliki tekstur dan rasa yang setidaknya mendekati roti cane yang asli.

Roti cane ini bisa dinikmati kapan saja, baik untuk sarapan, cocok untuk cemilan, boleh juga dijadikan sebagai menu untuk berbuka puasa. Sahabat bisa menikmati roti cane dengan taburan gula, atau diolesi madu, atau bisa juga dicampur dengan saus atau selai, pokoknya roti cane ini bisa dinikmati setiap saat dan bahan pelengkapnya bisa menyesuaikan selera masing-masing. Baiklah untuk mempersingkat waktu segera saja saya bagikan resep membuat roti cane khas Aceh yang bisa sahabat simak pada resep di bawah ini, selamat mencoba.

Bahan :

  • 750 gram tepung terigu protein tinggi
  • 250 ml air
  • 1 sendok teh garam
  • 350 gram minyaksamin atau margarin (cairkan)

Cara membuatnya :

  1. Campurkan tepung terigu protein tinggi bersama dengan air dan garam, aduk-aduk hingga adonan menjadi kalis. Bagi adonan yang sudah kalis menjadi sepuluh bagian, lalu bentuklah adonan menjadi bentuk bulat. Olesi permukaan adonan menggunakan minyak samin atau mentega cair, lalu diamkan adonan selama kurang lebih 35 menit.
  2. Tipiskan adonan tadi, lalu olesi lagi permukaan adonan menggunakan minyak samin atau magarin cair seperti di atas. Pulung atau pilin adonan memanjang, kemudia bentuk melingkar dan diamkan selama kurang lebih 25 menit.
  3. Tekan atau pipihkan adonan, kemudian masak di atas teflon atau wajan datar untuk mendadar menggunakan api kecil hingga matang dan angkat.
  4. Sajikan roti cane selagi hangat dengan bahan tambahan sesuai selera.

Catatan : jika ingin memberikan sentuhan sedikit rasa manis pada roti cane, bisa ditambahkan gula secukupnya sesuai selera saat membuat adonan, atau bisa juga ditabur setelah matang.

Demikian resep membuat roti cane khas Aceh yang bisa saya bagikan untuk sahabat sehat di rumah. Semoga resep yang saya bagikan kali ini sesuai dengan selera sahabat sehat. Semua bahan yang tersedia pada resep di atas bisa dibuat untuk 4 hingga 5 orang. Semoga berhasil dan salam sehat.

Incoming search terms:

  • kue tradisional
  • kue tradisional jawa
  • resep kue tradisional indonesia
Resep Roti Cane Khas Aceh Sederhana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!